Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Tembok Besar Ini Jauh Lebih Besar Dari Tembok Besar Cina

Tembok ini merupakan struktur terbesar yang pernah di temukan.


Gugus galaksi masif MACS J0717.5+3745 yang dipotret oleh Hubble. Jumlah materi gelap yang signifikan (ditunjukan warna biru) mungkin sama dengan Tembok Besar Hercules-Corona Borealis.

Astronomy Event - Alam semesta sangat besar dan mengandung benda yang besar di dalamnya: Bulan, Bumi, Matahari, NML Cygni, Galaksi, superkluster galaksi (atau supergugus galaksi) dll. Tapi, benda apa yang merupakan yang terbesar di alam semesta?

Pada Oktober 2003, para astronom menemukan sebuah struktur masif yang dinamai Tembok Besar Sloan. Struktur ini merupakan tembok besar yang tersusun dari galaksi dan memiliki panjang 1,38 miliar tahun cahaya, sekitar 13.800 lebih panjang daripada Galaksi Bimasakti.

Mereka menyebutkan bahwa tembok besar itu merupakan struktur terbesar yang pernah ditemukan. Hingga 9 tahun kemudian, tahun 2012 astronom menemukan kelompok quasar besar yang memiliki panjang 2 miliar tahun cahaya.

November 2013, para astronom menemukan penemuan yang mengejutkan. Mereka menemukan sebuah struktur monster yang memiliki panjang 10 miliar tahun cahaya, lebar 7,8 miliar tahun cahaya dan tebal 900 juta tahun cahaya. Mereka menamainya dengan nama simpel (dan mungkin kurang kreatif) Tembok Besar Hercules-Corona Borealis. Walaupun sebenarnya struktur ini berada di 16 konstelasi.

Struktur yang memiliki panjang 1/9 diameter alam semesta yang bisa teramati ini merupakan sebuah struktur super yang terdiri dari galaksi atau mungkin sebuah filamen galaksi. Jarak tembok ini dari kita sekitar 10 miliar tahun cahaya berdasarkan pengamatan.

Namun tembok besar ini masih kontroversial.

Menurut prinsip kosmologis, distribusi materi dan energi secara acak di seluruh alam semesta atau entropi tidak memungkinkan untuk membentuk struktur besar seperti Tembok Besar Hercules-Corona Borealis. Harusnya galaksi lebih tersebar di alam semesta dan bukannya berkumpul hingga membentuk struktur sebesar itu.

Ada hal-hal lain yang meragukan kehadiran tembok besar ini. Dan saat ini, kehadiran tembok besar ini masih kabur. Setidaknya, kita bisa mengatakan bahwa alam semesta mempunyai tembok yang lebih besar daripada Tembok Besar Cina dan itu adalah Tembok Besar Sloan.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar