Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Apa Itu Waktu?

Waktu

Astronomy Event - Apa itu waktu? Percaya atau tidak, ilmuwan belum tahu secara pasti apa itu waktu. Namun kita bisa mengatakan bahwa waktu merupakan sebuah dimensi, sama seperti ruang. Alam semesta memiliki ruang 3 dimensi. Karena sejauh yang kita tahu, kita hanya bisa maju didalam waktu, maka kita berada di waktu 1 dimensi. Jika digabungkan, alam semesta memiliki 4 dimensi ruang-waktu.

Waktu tidak membuat objek hadir di alam semesta seperti ruang. Tapi, waktu menyediakan benda untuk berubah karena gaya. Jadi, kita bisa berjalan, berbicara, membaca post ini karena gaya dan perubahaan itu disediakan oleh waktu.

Dimensi waktu bekerja berbeda dengan dimensi ruang. Jika di dimensi ruang, kita bergerak bebas maju, mundur kesamping sesuka hati, di dimensi waktu kita terus bergerak maju. Kita bisa memperlambat waktu dengan menggunakan teori relativitas spesial, namun kita tidak bisa bergerak mundur di dimensi waktu. 

Namun, lubang cacing dapat kita gunakan untuk bergerak menuju waktu yang berbeda, seperti kembali ke tahun 1945. Tapi sesampainya disana, kalian tetap berjalan maju melalui waktu, terus mengikuti arus. Ini seperti mengangkat kerikil kecil dari arus sungai yang berarus kencang, lalu menempatkannya di sungai yang sama namun beberapa meter di belakang posisi awalnya.

Mengapa kita selalu bergerak maju dalam dimensi waktu? Apakah ada sebuah gaya tak terlihat yang mendorong kita maju? Kita tidak tahu.

Yang kita tahu adalah waktu memiliki arus yang kita bisa tantang. Namun karena waktu, semua bisa bergerak dan berubah. Bahkan karena waktu, kehidupan muncul, Bumi terbentuk, galaksi terbentuk dan alam semesta mengembang. Kalau tidak ada waktu, alam semesta tak akan lahir. Jika tidak ada waktu, semua yang kita lihat tidak akan terbentuk. Jadinya, goodbye!

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

10 komentar:

  1. Satu satunya yang menggerakan waktu adalah energi yang begitu besar saat bigbang, saat itu ke-4 dimensi mengembang, dimensi ruang melebar dan memanjang sedangkan dimensi waktu terus maju.
    Suatu hari nanti saat gravitasi menghentikan laju pengembangan alam semesta maka waktu akan terhenti. Karna di dekat gravitasi yang besar maka waktu akan melambat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. semua itu hanya teori, blm ada pembuktian. teori dapat di terima jika dapat direalisasikan atau diuji coba. selama blm ada uji, teori tetap teori. dalam science, teori sendiri blm dpt di terima.

      big bang jauh dari realisasi. mustahil jika semua berawal dari kehancuran bisa menghasilkan kehidupan, seperti manusia dll yang struktur nya kompleks. jangankan manusia, zat protein saja tidak mngkin terbentuk dr kehancuran.

      sebagai contoh, tidak pernah ada kejadian tornado yang menghancurkan segala yang ada disekitar nya bisa menghasilkan pesawat boing 747 yang teknologi nya luar biasa. contoh yg sangat kecil jika di bandingkan dengan makhluk hidup dengan struktur yg jauh lbh kompleks.

      destruction only create nothingness. big bang is good story telling.

      sedangkan gravitasi, unproven.

      Hapus
  2. Aneh.., bagaimana bisa waktu itu ada. Dan bagaimana waktu bisa berhenti sekalipun waktu bisa dihentikan maka Sudah jelas bahwa kita juga tidak dapat merasakan Karena kita juga ikut terhenti bersama waktu termasuk semua isi slam semesta. Saya menyebutnya ini pengetahuan omong kosong. Coba jelaskan supaya Saya paham seperti apakah materi Dari waktu sehingga dapat dihentikan dan diputar ulang??!!

    BalasHapus
  3. Saya penasaran bagamana jadinya ketika tidak ada ruang dan waktu, siang dan malam tidak ada semesta, tidak ada Tuhan, gelap dan terang dan apapun

    Pasti damai

    BalasHapus
  4. Saya penasaran bagamana jadinya ketika tidak ada ruang dan waktu, siang dan malam tidak ada semesta, tidak ada Tuhan, gelap dan terang dan apapun

    Pasti damai

    BalasHapus
  5. Saya penasaran bagamana jadinya ketika tidak ada ruang dan waktu, siang dan malam tidak ada semesta, tidak ada Tuhan, gelap dan terang dan apapun

    Pasti damai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. kl ga ada Tuhan, berarti semua atribut Tuhan dalam manusia dicabut. ga ada cinta, ga ada harapan, ga ada rasa damai, dll. kl km bisa jelaskan bagaimana manusia hidup tanpa Tuhan, tolong bisa di elaborasi. kl semua itu ga ada, berarti pernyataan km kontradiksi. karena damai itu atribut Tuhan. atau jika bisa dielaborasi rumus damai dalam ilmiah seperti apa. karena kl ada penjelasan ilmiah dan bisa dibuktikan dan di praktekan, artinya manusia bisa membuat damai itu tadi. dan mungkin km bener, kl ga ada Tuhan tadi. walaupun dr sisi saya itu absurd.

      karena hingga saat ini yang bisa dibuat manusia hanyalah sebatas object.

      Hapus
  6. maaf ni ya kalo menurut ku aja ni dari hasil pemikiran saya sendiri
    waktu itu proses,kenapa ada waktu? karna ada proses ada tahapan? kalo pandangan aku ini salah tolong koreksi mari kita berdiskusi saya juga masih penasaran tentang waktu!!!

    BalasHapus