Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Lubang Hitam dan Lubang Cacing, Beda Atau Sama?

"Di Interstellar Wormhole & Blackhole terpisah, tp secara teoritis mereka 1 paket. Jgn dijawab "itu kan cuma film"" -@ChairilAnwar_


Lubang cacing di film Interstellar

Astronomy Event - Pertanyaan yang bagus! Karena ini menyangkut tentang kesalahpahaman di masyarakat (Kalo ga ngerti, ga usah dipikirin. Lanjut baca.). Oke, kita akan jawab!

Banyak orang awam berpikir bahwa lubang cacing dan lubang hitam adalah sama. Lubang cacing adalah gerbang menuju tempat lain di alam semesta. Lubang hitam adalah suatu hal yang menyedot apapun yang ada di dekatnya dan membawa benda yang tersedot entah kemana. Karena itu muncul pikiran bahwa lubang hitam menyedot suatu benda ke tempat lain di alam semesta. Sehingga lubang hitam=lubang cacing.

Di film Interstellar terlihat bahwa lubang cacing dan lubang hitam itu berbeda. Namun, manakah yang benar?

Yang benar: Lubang hitam berbeda dengan lubang cacing. Mereka bukanlah hal yang sama.

Saat kita mendengar kata "lubang hitam", sangat mudah untuk berpikir itu adalah sebuah lubang hitam aneh yang menyedot apapun dengan rakusnya. Namun, lubang hitam bukanlah lubang walaupun namanya seperti itu. Ia dinamai seperti itu karena berperilaku seperti lubang (menyedot apa pun).

Bola gelap yang disebut lubang hitam sebenarnya adalah daerah ruang dimana gravitasi sangatlah kuat bahkan cahaya tak bisa lolos. Karena itu, lubang hitam hitam total, karena cahaya tidak bisa sampai ke mata akibat tarikan gravitasi. Dimana ada gravitasi pasti ada sumbernya. Sumber gravitasi lubang hitam terletak di jantung kegelapan lubang hitam---sebuah benda sangaaaaaaaat kecil namun memiliki massa ribuan hingga jutaan kali massa matahari.

Benda apapun yang tersedot ke dalam lubang hitam bukannya menuju tempat lain di alam semesta atau ke tempat antah berantah, namun benda itu akan di tarik, dirobek-robek hingga ke tingkat atom dan akhirnya bersatu dengan jantung lubang hitam (Tragis.).

Jadi jangan salah paham lagi. Lubang hitam berbeda dengan lubang cacing. Sudah paham @ChairilAnwar_ dan para readers? 


Sincerely,
Admin N

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar: