Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Masalah Serius! Kontaminasi Balik

Kehidupan mungkin saja berada di luar angkasa dan terbawa ke Bumi



Bakteri E.coli

Astronomy Event - Alien masih menjadi kontroversi. Mereka mungkin ada di luar Bumi atau mungkin kita hanya sendirian di alam semesta. Namun di Bumi, kita punya suatu pencegahan agar alien yang datang ke Bumi tidak menyebabkan dampak buruk bagi kita dan Bumi. Namun, yang kita bicarakan adalah alien mikroskopis.

Manusia patut berbangga saat kita mendaratkan manusia pertama di Bulan 45 tahun yang lalu. Dan saat misi Apollo 11 selesai, Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins kembali ke Bumi. Namun, pada saat ke Bumi mereka tidak memeluk keluarga mereka dan bergabung dengan parade publik. Tapi, mereka di karantina selama 3 minggu di Houston, Texas, AS. Kenapa mereka di karantina? Untuk menghindari kontaminasi balik lebih jauh.

Kontaminasi balik merupakan sebuah kontaminasi alien mikroskopis seperti bakteri dan virus di luar Bumi akibat alien ini terbawa oleh astronot atau wahana luar angkasa yang kembali ke Bumi. Namun, mengapa NASA tidak membiarkan alien ini menyebar ke dunia sebagai tanda "selamat datang di Bumi" kepada alien itu?

Alien mikroskopis ini bisa saja menyebabkan kejadian yang tidak di inginkan, misalnya alien ini dapat beradaptasi dengan lingkungan Bumi dan bermutasi hingga menyebabkan penyakit yang dapat menyebabkan kepunahan massal makhluk hidup, termasuk manusia.

Btw, metode karantina dilanjutkan oleh NASA setelah misi Apollo 11. Tapi saat misi Apollo 15, metode ini tidak dilanjutkan. Mungkin NASA sudah yakin bahwa tidak ada alien mikroskopis di Bulan.

Tapi masalah kontaminasi balik ini sangatlah serius karena menyangkut kehidupan di Bumi. Jadi kita tidak bisa bersantai-santai saat benda buatan kita kembali dari luar angkasa.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar