Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Bumi Bundar VS. Bumi Datar

Bumi bola versus Bumi datar

Astronomy Event - Pada tanggal 7 Desember 1972 kru Apollo 17 memotret foto Bumi pertama dari luar angkasa yang bernama "The Blue Marble". Namun 5 tahun lalu satelit ATS-3 lebih dulu memotret Bumi dari luar angkasa secara jelas.

Foto dari satelit ATS 3 (1967)

Namun, apakah Bumi berbentuk bola? Kebanyakan orang termasuk para ilmuwan percaya bahwa jawabannya adalah ya, karena mereka mempunyai bukti dan juga 10 alasan mengapa mereka percaya. Jadi, orang-orang yang percaya bahwa Bumi itu datar kadang dianggap berpengetahuan kurang.

Ada sebuah kesalapahaman, yaitu Christopher Colombus adalah orang yang pertama menyadari bahwa Bumi itu berbentuk bola. Sebenarnya pada zaman Yunani Kuno, orang-orang menyadari juga bahwa Bumi itu bundar setelah mengetahui bahwa bagian bawah perahu menghilang di kaki langit terlebih dahulu saat melayar jauh.

Eratosthenes mengukur panjang bayangan sebuah tiang masing-masing di Syene dan Alexandria. Dari pengukuran itu, ternyata tiang di Alexandria lebih panjang daripada tiang di Syene sehingga ia menyimpulkan bahwa Bumi berbentuk bundar.

Namun masih ada orang yang percaya bahwa Bumi itu datar.

Pada tahun 1906, Wilbur Glenn Voliva percaya bahwa Bumi sebenarnya datar. Ia juga mengajar ilmu bumi datar di sekolah di kota Zion, AS. Ia percaya bahwa matahari hanya 4.800 km diatas permukaan Bumi, dan matahari memiliki diameter 51,2 km. Dan matahari mengelilingi kutub utara yang juga menyebabkan zona waktu.

Ilustrasi Bumi datar dan orbit matahari

Secara mengejutkan, teori ini dapat juga menjelaskan pengukuran dari percobaan tiang Eratosthenes. 

Tahun 1956, Samuel Shenton mendirikan Flat Earth Society (Perhimpunan Bumi Datar). Tahun 1980, terjadi krisis karena jumlah pengikutnya menurun hingga 200 orang. Dan pada tahun 2004, Daniel Shenton (dia tidak memiliki hubungan apapun dengan Samuel Shenton, hanya kebetulan nama) membangkitkan lagi perhimpunan ini dengan membuat forum Flat Earth Society.

Mereka percaya bahwa bukti-bukti Bumi berbentuk bola seperti "The Blue Marble" adalah sebuah hoax dari agensi luar angkasa, pemerintahan, lembaga aeronautika dan astronautika dan pabrik globe.

Saat ini, jumlah anggotanya lebih dari 500 orang. Mereka cukup "pintar" karena mereka akan menjawab semua pertanyaan tentang Bumi datar yang kalian lempar kepada mereka. Saat ini, himpunan ini memiliki web sendiri, forum, dan wikia.

Yang sudah kita tahu, saat ini sudah banyak sekali orang percaya bahwa Bumi itu berbentuk seperti bola karena bukti dan menjelaskan banyak hal. Namun sebenarnya mereka salah. Jadi, Bumi memang benar datar? Tidak.

Panah berwarna merah menunjukan arah gaya sentrifugal.

Bumi itu berputar. Ini menyebabkan gaya sentrifugal yang mengarah ke luar dari jalur putaran. Karena itu, Bumi "terlempar" di bagian ekuatornya sehingga lebih menonjol. Faktanya, diameter Bumi dari ekuator 42 km lebih panjang daripada diameter dari kutub ke kutub. Sehingga Bumi berbentuk elipsoid, seperti bola rugby. 

Namun karena kelonjongan Bumi dibandingkan dengan diameter Bumi sangat kecil, sehingga kita sangat sulit melihat kelonjongan Bumi. Gambar diatas pun tidak dalam skala yang benar.

Jadi, jangan salah paham lagi. Bumi itu merupakan bola rugby raksasa di angkasa.


Web Flat Earth Society: http://www.theflatearthsociety.org/cms/
Forum Flat Earth Society: http://www.theflatearthsociety.org/forum/

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

412 komentar:

  1. Bumi berputar itu bohong... bumi tidak berputar... buktinya? bintang-bintang di langit tetap di tempatnya
    Bumi bulat itu bohong... bumi itu datar seperti yang dikatakan semua kitab suci... Foto-foto NASA? BOHONG...
    Cahaya bulan berasal dari pantulan sinar matahari? BOHONG... tidak logis... kalau bulan sabit... mataharinya sebelah mana?
    Gerhana matahari disebabkan matahari dan bulan sejajar? BOHONG... Silahkan install program Kstars... Kstars sangat akurat... cari tanggal terjadinya gerhana matahari total... ternyata tidak sejajar.
    Tidak usah berkiblat kepada teknologi barat... mereka BOHONG
    KITA DIBODOHI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu... coba buktikan kalau bumi itu datar... (secara ilmiah) !!! :)

      Hapus
    2. https://www.youtube.com/channel/UCVgxg27PFIbur2ovDFVAAvw

      Hapus
    3. Dapet dari bc mas? Hahha udah sering baca

      Hapus
    4. Bumi itu bulat berdasarkan al-quran
      http://www.lampuislam.org/2013/09/menjawab-tuduhan-bahwa-al-quran.html?m=1

      Hapus
    5. Jika bumi datar bagaimana cara terjadinya gerhana bulan?

      Hapus
    6. Kalau bumi berputar kenapa pesawat bisa tiba di bandara tujuan dengan perkiraan waktu yang tepat? Bukan kah kalau benar bumi berputar (berotasi), maka tempat tujuan pesawat mendarat itu juga ikut berputar kan? Apakah laju pesawat sama dengan laju rotasi bumi? Menurut data di wikipedia kecepatan rotasi bumi adl 16,744 km/h , so? PS: correct me if im wrong :)

      Hapus
  2. Bukti:
    1. Foto semua planet dan angkasa hanya cgi. Imaginari komputer.
    2. Matahari bisa di video kan karena memang matahari sangat dekat.
    3. Planet dan satelit termasuk iss tidak ada. Semuanya tidak pernah berupa foto asli alias cgi.
    4. Mereka mau mengatakan evolusi dan big bank nyata. Tuhan tidak ada.
    5. Taktah Tuhan benar di atas. Karena bumi rata. Dan bukan Tuhan muter2 keliling bumi.
    6. Batas langit berupa dome. Karena itu pelangi berbentuk kurva. Dan tidak pernah ada yg dapat menembus van halen belt ini.
    7. Pesawat ulang alik terbang dalam bentuk kurva juga. Tidak tegak lurus ke atas. Atau dia akan meledak karena menabrak dome. Batas langit Tuhan seperti challenger. Karena itu pesawat itu dinamakan demikian, karena dia menantanh Tuhan. Sedangkan yg lain dinamakan dewa2 kekejian yunani.Termasuk nama semua planet.
    8. Lintasan planet kalo dilihat dari atas bergambar mata 1.
    9. Kalau kita naik pesawat atau balon udara, bumi tidak bergerak.
    10. Gedung dan kapal dilihat dari jauh tidak menghilang di telan bumi seperti gambar2 bohong film. Mereka masih tetap terlihat tetapi kecil. Namanya perspektif.
    11. Kalo bumi bulat, maka semakin jauh benda, bukan hanya dia akan terlihat menghilang di bagian kakinya tetapi juga akan terlihat miring ke belakang. Sehingga tidak mungkin manusia membuat mercu suar sebagai panduan kapal.
    12. Dilihat dari pesawat, horizon bumi tetap setinggi mata.
    Artinya bumi rata. Kalau bumi bulat, semakin tinggi posisi kita semakin bawah horizon dari bumi.
    13. Gravitasi tidak ada. Tuhan menciptakan apa yg di naik harus turun dan apa yg di bawah laut harus naik. Namanya hukum archimides. Karena mahluk di darat ciptaan Tuhan hanya memiliki batas hidup di darat.
    14. Bulan dan matahari bisa dilihat bersamaan disiang hari dan pada saat yang sama di malam hari belahan dunia yang lain mereka dapat melihat bulan. Artinya bumi rata.
    15. Tidak ada penerbangan langsung afrika selatan ke australia walaupun di dalam bumi bulat mereka hanya berjarak 9 jam
    karena di dalam peta bumi rata autralia dan afrika selatan adalah negara terujung-ujung bumi.
    16. Aliens adalah demons.
    17. Sinar matahari dan bulan akan terlihat lebih terang di awan sekitar mereka dibandingkan awan yang lebih jauh. Artinya matahari berada dekat dengan bumi sehingga sinarnya akan terlihat lebih terang terhadap benda di sekitaranya dibandingkan benda yang jauh.
    18. Gambar sinar matahari menembus awan akan terlihat bersudut dan tidak berupa garis sejajar. Artinya matahari dekat.
    19. Gerhana adalah hoax jika disebut bayangan bumi. Sebab jika matahari di belakang bumi dikatakan gerhana bulan, lalu dari mana asal sinar bulan? Jika bulan menutupi matahari ketika gerhana matahari lalu dari mana asal cahaya bulan? Bukankah sinar bulan berasal dari matahari?
    20.Astronot tidak ada. Dulu mereka memakai tangki arti. Sekarang memakai cgi.
    21. Ketika nasa mendarat di bulan, mengapa gambar bumi hanya sebesar bulan? Bukankan bumi 4x lipat lebih besar? Harusnya ketika mereka di bulan, maka gambar bumi akan sebesar giant marble.
    21. Sejak zaman dahulu sampai sekarang, gambar bumi hanya itu2 saja tidak berubah.
    22. Ketika mereka merilis gambar bumi sedang berputar, mengapa awannya tetap tidak bergerak?
    23. Bukti lain ada di internet. Hanya kalian harus meluangkan wajtu untuk menggali lebih dalam. Hati2 banyak penyesatan yang bermaksud mengolok2 orang yang berusaha mengabarkan kebenaran. Mereka akan mengatakan bumi rata tapi tetap ada planet dan gravitasi, sehingga pikiran anda akan di mix. Selamat mencari tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk nomor 9 dan 15, cukup rasional, karena jika bumi bergerak, jika kita terbang maka dengan kecepatan yang sama dan jarak yang sama waktu yang di hasilkan akan berbeda antara arah barat dan arah timur. Cukup membuka pikiran...

      Hapus
    2. TIPS BIMBINGAN SKRIPSI TESIS YANG EFEKTIF
      http://indonugraha.blogspot.co.id/2016/03/tips-bimbingan-skripsi-tesis-yang.html

      Hapus
    3. Ini kebanyakan ikut pengajian nasi bungkus, pakai bawa2 van hallen segala, emangnya mau belajar gitar. Kebanyakan copas.. Nih gw kasih tahu nama yg bener Van Allen. Klo lu mau lihat bintang bergerak lu download aja google skymap, nah lu pantengin tuh langit, cocokin bintangnya tiap hari.

      Klo mau lihat planet ga usah bawa2 file cgi, CIA, atau FBI. Lu beli aja teropong bintang di ace hardware, harganya ga sampe 10jt, tiap malem lu plototin aja itu jupiter, venus, saturnus. Jangan kayak orang susah yg ga pernah makan sekolahan tong.

      Hapus
    4. Saya mempunyai 3 teleskop bintang dengan pembesaran 70x-150x. Tapi tetap saja saya tidak percaya kalau bumi itu berbentuk bola meskipun saya punya stellarium/Google sky map.

      Saya pernah melihat bulan yang tidak cocok fasenya, dan fasenya bertentangan dengan ilmu modern,
      Sedangkan saya melihat bulan di sore hari, bulan setinggi 15 derajat kiranya di timur, dan matahari setinggi 10 derajat kiranya di barat, yang anehnya, bulannya berfase sabit.

      Dan masih banyak lagi pengalaman saya, saya sedang melihat bulan yang berfase sabit memakai teleskop bintang, dan kagetnya, saya melihat bintang di tengah tengah bulan.

      Hapus
    5. No.14. Masih janggal, disebutkan jika bulan dan matahari dapat terlihat bersamaan pada siang dan malam, kemudian knapa jika malam hanya bulan saja yg terlihat, klo datar pasti matahari juga akan terlihat dong...hayoo gimana, jelaskan...!
      Tambahan, lihat bintang pd malam hari...perhatikan 1 atau 2 bintang di barat, jam 7 malam berada di barat kemudian jam 5 pagi sudah di timur..pertanyaan saya, jika bumi datar dan diam...apakah bintang2 semuannya itu bergerak ???

      Hapus
    6. No.14. Masih janggal, disebutkan jika bulan dan matahari dapat terlihat bersamaan pada siang dan malam, kemudian knapa jika malam hanya bulan saja yg terlihat, klo datar pasti matahari juga akan terlihat dong...hayoo gimana, jelaskan...!
      Tambahan, lihat bintang pd malam hari...perhatikan 1 atau 2 bintang di barat, jam 7 malam berada di barat kemudian jam 5 pagi sudah di timur..pertanyaan saya, jika bumi datar dan diam...apakah bintang2 semuannya itu bergerak ???

      Hapus
    7. https://www.youtube.com/channel/UCVgxg27PFIbur2ovDFVAAvw

      Hapus
    8. Mungkin maksudnya matahari dan bulan terlihat di kutub utara :) cmiiw

      Hapus
    9. Hahahaha... no 9 lucu.. ga pernah belajar gravitasi bumi ya mas?

      Hapus
    10. wahyu yudha.gravitasi bumi iku opo?? cara ngukurnya dr apa?

      Hapus
    11. wahyu yudha.gravitasi bumi iku opo?? cara ngukurnya dr apa?

      Hapus
    12. Grafitasi bumi iku opo mas wahyu? Coba sampean belajar grafitasinya sampe mana?

      Hapus
    13. Hari gini masih percaya bahwa bumi bulat...kasihan...mau aj dibodohin saint hsl konspirasi elite global...buka mata nya lebar lebar pakai otak..mikir...cari info bumi datar sbyknya...baru bs coment..

      Hapus
    14. Hari gini masih percaya bahwa bumi bulat...kasihan...mau aj dibodohin saint hsl konspirasi elite global...buka mata nya lebar lebar pakai otak..mikir...cari info bumi datar sbyknya...baru bs coment..

      Hapus
    15. Hahahaha ngakak Pada Goblok napa ya? ....... Hahahahaha ngakak ngakak.
      #Sudah pada Sekolah dimana? Ilmu perbandingan bentuk bumi!?? Bhak..
      #Berapa Kali kalian melakukan percobaan? 1x ,5x ,100x?? Trus udh dibukukan? Diuji Teori? Dibenarkan? Pada Mikir ga ya?
      #udah pernah dibahas, Sebuah teori bisa menjadi teori harus mengalami uji Pembenaran beberapa kali, sebelum dikukuhkan menjadi teori yang benar.
      #kalau memang hanya mencari cari di Internet apalah itu, kalau belum ada pembuktian dan hanya sebuah Cerita karangan yang di COPAS COPAS serta gak ngerti asal usulnya gak usah sok tau, pake acara Ngengkel, belagu.
      #kalau memang di internet ini bener, emang udh ada Uji kebenaran? Udh ada Hasil pembukuannya?

      Hapus
  3. Menarik.. baca ini setelah liat video eric dubay soal bumi is flat

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Videonya pakai FISH EYE LENS. Mereka takut kalo pake lensa normal, ketahuan bahwa bumi itu datar.

      Hapus
  5. Ni yang percaya bumi datar knp nggak coba buktiin ke pinggiran bumi buat ngebuktiin bumi punya tepi.? Terus cari tiang2 yg kata kitab buat nyangga langit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pernah dicoba bung, batasnya adalah kutub selatan, tapi hanya militer yang boleh kesana, pembuktiannya pun terbatas, makanya aga susah untuk dibuktikan dengan cara melihat tepi bumi, tapi analogi di atas saya rasa perlu dipertimbangkan...

      Hapus
    2. Sudah pernah dicoba bung, batasnya adalah kutub selatan, tapi hanya militer yang boleh kesana, pembuktiannya pun terbatas, makanya aga susah untuk dibuktikan dengan cara melihat tepi bumi, tapi analogi di atas saya rasa perlu dipertimbangkan...

      Hapus
    3. https://www.youtube.com/channel/UCVgxg27PFIbur2ovDFVAAvw

      Hapus
    4. Nyatanya, pernah ada penerbangan yang melewati kutub selatan, dari Afrika Selatan ke Selandia Baru. Kalau Kutub Selatan dinding yang tak bisa ditembus, tak mungkin ada penerbangan itu," jelasnya.
      http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/07/masihkah-anda-percaya-bahwa-bumi-ini-datar

      Hapus
    5. Memang ada penerbangan melewati tembok es itu.. Mereke menemukan daratan yang sangat luas kaya sda.. Sejak itu daerah antartika dilarang dimasuki

      Hapus
  6. SSSSTTT THE EARTH IS FLAT AND I AM GLAD TO KNOW IT

    BalasHapus
  7. Bumi seperti bola rugby? Haha fotonya cgi bulat sempurna itu. Kalo gitu foto cgi nya perlu diedit lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Namun karena kelonjongan Bumi dibandingkan dengan diameter Bumi sangat kecil, sehingga kita sangat sulit melihat kelonjongan Bumi." itu udah dikasih tau

      Hapus
    2. bumi itu seperti telur unta tidak bulat peneuh

      Hapus
    3. Unta emang bertelur? kalo burung unta bertelur

      Hapus
    4. Unta bertelur..

      Ngulang Sd aja dulu

      Hapus
    5. yang dimaksud adalah burung unta (orchid) ada di al qur an. Ngulang ngaji dulu.

      Hapus
    6. orchid? bukannya jenis anggrek tuh?

      Hapus
  8. Klo matahari dan bulan dekat, knp tdk ada orang ataupun organisasi yg menguasai matahari?kita tahu bahwa matahari adalah sumber energi, bila kita bisa menguasai energi itu..niscaya dia akan jd penguasa dunia mengalahkan US

    BalasHapus
    Balasan
    1. menguasai matahari? hahaha
      itu otak lu taru mana tong tong..

      Hapus
    2. Kebanyakan liat naruto lu tongg

      Hapus
    3. Dikuasai?
      Pemikiran anak TK aja
      Kyk film dispicable.. nyuri bulan

      Hapus
    4. Yup, dekat tapi peswat atau roket yg kesna blum ada yg bisa menembus langit. beberpa Negara besar sudah perna beberapa kali mencoba menghancurkan kuba langit dengan nuklir yg 1000 kali lipat besarnya dari bom hirosima,, tapi apa yg mereka capai ? GAGAL mereka tidak bias melubangi atau merusak kubah langit.

      Hapus
  9. Klo matahari dan bulan dekat, knp tdk ada orang ataupun organisasi yg menguasai matahari?kita tahu bahwa matahari adalah sumber energi, bila kita bisa menguasai energi itu..niscaya dia akan jd penguasa dunia mengalahkan US

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menguasai matahari ..?????
      Waktu ane TK ja gag bisa berfikir sejauh itu.hahaha..

      Hapus
  10. Pft manusia yaaa.. zaman dulu bilang bumi bundar kalo gak dipenjara ya dibunuh sama yg percaya bumi itu kayak piringan. padahal sudah dijelaskan secara ilmu fisika. Ini 2016 dan makin banyak yg percaya bumi itu kayak piringan. Mungkin memang ilmu fisika udah tidak digunakan dan mungkin sudah mau kiamat kali ya '-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, kasian akwkw orang jaman sekarang, pemikiran jaman kuno. Ya terlepas itu bait ato bukan

      Hapus
    2. kalau anda merasa anda orang jaman sekarang dengan pemikiran cerdas, berikan 1 bukti saja bahwa bumi itu memang benar bulat ?

      Hapus
    3. https://cementing.wordpress.com/2013/12/13/bentuk-bumi-menurut-al-quran/

      Hapus
  11. Baru tau bumi datar...nonton film astronot kok bumi bulat ... pusing mikirin...

    BalasHapus
  12. Saya baru paham bumi itu datar setelah 3 hari terakhir korek2 internet.. Terima kasih untuk info2 yang bermanfaat spt ini.. Share terus supaya yang tidak mengetahuinya akan paham..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih referensi dong bro...

      Hapus
    2. https://www.youtube.com/channel/UCVgxg27PFIbur2ovDFVAAvw

      Hapus
    3. kemakan bego nya :v masih aja percaya bumi datar

      Hapus
    4. kemakan bego nya :v masih aja percaya bumi datar

      Hapus
    5. Makanya cari tuntas materi dan argumen.. baru ngomen..

      Bumi datar udah bisa ngalahin teori bumi bulat kok

      Hapus
    6. FARIS HAIKAL
      MUNGKIN ANDA YG MASI DOYAN DIBEGO-BEGOIN SAINS MODERN YG HANYA BERUPA TEORI-TEORI DAN GAMBAR-GAMBAR REKAYASA KOMPUTER TAMPA ADA FAKTA & BUKTI NYATA,KEMAKAN DOKTRIN YG SUDAH RATUSAN TAHUN DIAJARKAN. KALAU ANDA ORANG CERDAS TUNJUKAN 1 BUKTI SAJA BAHWA BUMI BULAT ?

      Hapus
    7. maaf sy punya telskop 900mm syg hanya 2x magnifier & tp untung punya lensa kamera 3600mm yg biasa sy pake buat motret permukaan bulan dan neropong planet. okelah bulan bergerak melintasi bumi jadinya setiap 5 detik sy harus menggeser lensa. tapi bgm dg bintang2 dilangit apakah mereka yang ribuan itu mengelilingi bumi sehingga bergerak juga seperti bulan

      Hapus
  13. Saya baru paham bumi itu datar setelah 3 hari terakhir korek2 internet.. Terima kasih untuk info2 yang bermanfaat spt ini.. Share terus supaya yang tidak mengetahuinya akan paham..

    BalasHapus
  14. bumi itu seperti telur unta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak kapan unta bertelur?

      Hapus
    2. https://www.youtube.com/channel/UCVgxg27PFIbur2ovDFVAAvw

      Hapus
  15. Yang punya teleskop bintang pembesaran 70x-150× can we talk? Ak penasaran sm fase bulan yang akurasi perhitungannya nggak tepat, gerhana, dan bintang di tengah bulan.. n apa ada yg tau ttg dark side of the moon? Talk to me on LINE. Igokrasnaya

    BalasHapus
  16. https://www.youtube.com/channel/UCVgxg27PFIbur2ovDFVAAvw

    BalasHapus
  17. disitu juga dibahas ada ribuan satelit mengitari bumi, tapi anehnya memang tidak ada satu pun yang tertangkap teleskop,,bahkan di google map dikatakan location didapat bukan menggunakan satelit (GPS) tapi cukup mengandalkan menara telekomunikasi,,banyak kejanggalan memang setelah mendengar paparan dari flat earth society bahwa bumi itu bulat..termasuk larangan melintasi kutub selatan, ada apa disana? dan kenapa banyak pangkalan militer di selatan?

    BalasHapus
  18. kalau bumi itu bulat dan berputar dengan kecepatan sangat tinggi, maka para penerjun payung akan jauh mendaratnya ribuan KM saat dia loncat dari pesawat (kan muter terus tuh bumi, sedangkan dia lagi di atas udara),,atau pesawat pas terbang di udara pasti akan kesulitan mendarat dimana jika daratan berputar sangat cepat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atmosfer bumi bergerak juga mas, kalau atmosfer (lapisan) udara gak bergerak bareng bumi, kita bakal kena hantam angin setara topan. Makanya kalau naik helikopter terus diam di atas pasti daerah yang di bawahnya akan sama-sama saja karena helikopternya bergerak bersama atmosfer bumi. Kecuali kalau helikopternya digerakkan dengan arah yang berlawanan dengan arah gerak bumi baru daerah yang di bawah helikopter pasti berubah. Lain hal kalau sudah di luar angkasa, karena tidak terpengaruh atmosfer lagi, kalau lihat ke bawah hari ini China, besok Australia, besoknya lagi udah ganti

      Hapus
    2. GBLK YG BILANG DATAR GBLK

      Hapus
    3. GBLK YG BILANG DATAR GBLK

      Hapus
    4. Bergeraknya kemana ya bro?kalo pesawat bergerak melawan arah pergerakan bumi berarti lebih cepat sampainya dong ?

      Hapus
    5. Di dalam atmosfir yak....
      Trus klo gitu satelit (yg katanya ad) Yg diluar atmosfir itu gmn?
      Ap bisa ngikutin kecepatan bumi (yg katanya ) 16.ribu km/jam 😰

      Hapus
    6. CHAIM FITNES
      MAAF BANG, SESUNGGUHNYA SATELIT YANG DIKIRIM ATAU YG KITA DENGAR ADA DILUAR ANGKASA ITU TIDAK PERNA ADA BANG, PENJUALAN SATELIT ADLAH SALAH SATU JAWABAN MENGAPA NASA MENDOKTRIN DUNIA DENGAN MENGATAKAN BUMI BULAT DAN MEMBUAT GAMBAR-GAMBAR BUMI HASIL REKAYASA KOMPUTER, KARENA NASA MENJUAL SATELIT YANG HOAX BELAKA LALU MENRIMA UANGNYA,,MEREKA HANYA MELUNCURKAN ROKET YANG TERBANG MELENGKUNG, TIDAK TERBANG LURUS KEATAS, KARENA MEREKA SUDAH TAU BAHWA UNTUK SAAT INI MERUPAKAN HAL YG MUSTAHIL BAGI MEREKA UNTUK BISA MENEMBUS KUBAH LANGIT. HAL ITU DILAKUKAN KARENA MEREKA (AMERIKA,INGGRIS & BEBERPA NEGARA KOALISI) SUDAH BEBERAPAKALI MEMBOMBARDIR LANGIT DENGAN NUKLIR YG 1000KALI LIPAT BESARNYA DARI BOM HIROSIMA DAN HANYA KEGAGALAN YG MEREKA DAPATKAN. TUTUP PENGETAHUAN ANDA BAHWA ADA SATELIT DIATAS SANA..

      Hapus
    7. Google map membuatnya pake apa ... ko bisa keliatan ada rumahku .... siapa yg memotret keliling dunia ..

      Hapus
    8. Gugel map itu di potret nya pake drone. Anda saja yang ga sadar kalau drone itu melintasi atas rumah anda

      Hapus
    9. Gugel map itu di potret nya pake drone. Anda saja yang ga sadar kalau drone itu melintasi atas rumah anda

      Hapus
    10. saya setuju dengan sodara alan su kita semua sudah di doktrin oleh media2 dan penanaman pendidikan sejak kecil bahwa bumi itu bulat faktanya itu hanya konspirasi untuk kepentingan segelintir penguasa/people power

      Hapus
  19. Dari pengalaman saya. Menurut saya bumi itu bulat kayak telur kucing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak kapan kucing bertelur..

      Abis nelen apaan lu

      Hapus
  20. Klo bumi datar, trus batasnya kutub selatan, adakah batas di sisi yang lain? Atau kutub selatan itu melingkar, seperti pinggiran piring? Jadi bila kita disuatu tempat, arah kita pasti salah satunya ke selatan, menghadap ke timur dibelakang kita selatan, pindah ke suatu tempat, kita menghadap ke kebarat di belakang kita selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes.. cek gan https://www.youtube.com/channel/UCVgxg27PFIbur2ovDFVAAvw

      Hapus
  21. flat earth

    https://flatearth101.wordpress.com/

    BalasHapus
  22. jika emg bumi datar. kenapa mereka pengen kita tahu kalok bumi itu bulat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keuntungan materi gan..

      Dunia membiayai Nasa untuk itu

      Hapus
    2. Keuntungan materi gan..

      Dunia membiayai Nasa untuk itu

      Hapus
    3. bener kata om waskito
      pernah dengar satellit luar angkasa dan cara kerja.a ?
      setau saya satellit itu cuma bulan. dan gak ada buatan manusia yang berada di luar angkasa.( satellit)
      dan kalaupun ada kenapa tdk pernah terlihat menggunakan benda optik
      dan sehubung dengan itu google maap sendiri menyatakan bahwasanya mereka tdak menggunakan gps. dan yang di gunakan hanya.a menara telkom biasa.
      google maps dibuat menggunakan drones. tak sedikit orng yang menjumpainya
      lalu menyatakan itu penampakan uvo atau alien luar angkasa. dan sesungguh.a blum ada satu orngpun yang mampu keluar angsa. hal itu telah dalam Al-Quaran salah satu.a dalam surah ar-rahman saya lupa ayat.a coba cari di google terjemahan ayat.a

      Hapus
    4. يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالإنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ فَانْفُذُوا لا تَنْفُذُونَ إِلا بِسُلْطَانٍ

      "Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya, kecuali dengan kekuatan (tenaga)." – (QS.55:33)

      Hapus
  23. Kalo bumi datar, knp ada bagian bumi yg siang hari sedangkan sisi lainnya malam hari dlm waktu yg bersamaan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. LEBIH BAIK NONTON AJA PENJELASANNYA DISINA BRO
      KEBOHONGAN SAINS MODERN BAHWA BUMI BULAT & FAKTA SEBENARNYA BAHWA BUMI DATAR
      https://www.youtube.com/watch?v=asYzxCritAI

      Hapus
  24. bumi berbentuk seperti toket
    #teori sesat baru

    BalasHapus
  25. kalo bumi datar, ujungnya mana? kalaupun ada lu pasti jatuh keruang hampa :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada ujungnya lah, itu menurut para ahli bumi datar setelah antartika masih banyak benua sebesar Benua Amerika, dan kita ndak bisa nembus kesana soalnya dijaga sama tentara Gabungan Negara Adidaya. Katanya loh. Wong gw aja nggak peduli mau bumi itu datar apa bulet. Nih liat disini udah ada terjemahannya https://flatearth101.wordpress.com/

      Hapus
  26. kalo bumi datar, ujungnya mana? kalaupun ada lu pasti jatuh keruang hampa :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. tdak suh menghardik dlu sodaraku., kta ini sekarang di perbudak lewat satellit dan kebohongan sains lain.a
      sesungguhnya satellit adalah kebohongan publk., agar kita mmbayar pajak telkom yang kita gunakan. sesungguhnya signal itu diperolh dari menara telkom biasa.
      google maps menyatakan dengan jelas TIDAK MENGGUNAKAN GPS.

      Hapus
    2. klarifikasi gan. sinyal gps tidak menggunakan satelit. bukan "tidak menggunakan gps"

      Hapus
  27. kalo bumi datar, ujungnya mana? kalaupun ada lu pasti jatuh keruang hampa :v

    BalasHapus
  28. kalo bumi datar, ujungnya mana? kalaupun ada lu pasti jatuh keruang hampa :v

    BalasHapus
  29. Internet emang bisa bikin orang pinter, tapi bisa juga jadi lebih bodoh.. Modal googling lantas menyimpulkan bumi itu datar... wakwawww.... Wolak walik ing zaman....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uda dibaca dan diliat video teori bumi data belum mas?jangan asal bodohin orang,jangan kita yg selama ini dibodohi sama nasa

      Hapus
    2. tdak suh menghardik dlu sodaraku., kta ini sekarang di perbudak lewat satellit dan kebohongan sains lain.a
      sesungguhnya satellit adalah kebohongan publk., agar kita mmbayar pajak telkom yang kita gunakan. sesungguhnya signal itu diperolh dari menara telkom biasa.
      google maps menyatakan dengan jelas TIDAK MENGGUNAKAN GPS.
      itu baru salah satu.a om masi bnyak lagi yang lainnya
      diantara.a menyakut ke agamaan.
      gak ush lah ya bhas agama. :D bahas kerugian yg di keluarkan untk ini aja dah puyeng :D

      Hapus
  30. Halah terserah mau datar apa bulet, nggak ngaruh buat gw. Kalo liat diyutup sih masuk akal penjelasannya tentang bumi datar. Nyatanya belum pernah denger yg namanya muterin bumi dari Kutub Selatan kea Kutub Utara. Adanya dari barat ke timur atau sebaliknya hehehe

    BalasHapus
  31. di alkitab sama quran sih kalo secara "kalimat" lebih condong ke bumi datar , tapi bumi harus bulat biar kitab suci salah (ato kitab suci seenggaknya menuruti sains modern), dan akhirnya kita tau kalo kita berasal dari sel tunggal yang ujug2 ada hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas cangkemu nek muni Al Quran muni datar sek endi,surat opo ayat piro?jgn mengasumsikan kata "hamparkan" = sawah terhampar datar.klo nulis pake dasar mang dapur mu kiai,nabi?

      Hapus
  32. kita lihat saja perkembangan. Jangan saling menydutkan. Sampai sejauh ini, para ahli astrofisika di seluruh dunia sudah mengurai banyak rahasia alam semesta ini. kenapa sekarang justru ada yang ingin mundur ke belakang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kata pepatah ada kalanya kita berhenti atau mundur satu langkah untuk melompat 2 - 3 langkah kedepan eheheheh


      Tp ya kita lihat saja perkembangan seperti yg abang bilang, sains hanya mengikuti kitab suci, bukan sebaliknya.

      Hapus
  33. 15. Tidak ada penerbangan langsung afrika selatan ke australia walaupun di dalam bumi bulat mereka hanya berjarak 9 jam karena di dalam peta bumi rata autralia dan afrika selatan adalah negara terujung-ujung bumi.

    Pengen tahu kenapa? Coba tanya aja maskapainya. kenapa demikian? Apa karena menyebrangi samudera, atau singgah di negara-negara lain. yang pasti poin no 15 ini bukan argumen bumi datar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya karena pesawat juga butuh isi bensin, mangkanya harus transit dulu

      Hapus
  34. Coba masuk ke Google earth, arahkan ke koordinat 90° 0'0.00"S dan 0° 0'0.00"E.

    BalasHapus
  35. Kalau memang selatan di jaga sama pasukan militer , lantas apa yang di jaga juga apa yang di rahasiakan ?
    Apa takut kalau ketawan nanti tanah nya di rebut sama juragan terus di bangun kontrakan deh hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. DISINI JAWABANNYA, KEBOHONGAN SAINS MODERN BAHWA BUMI BULAT & FAKTA SEBENARNYA BAHWA BUMI DATAR, JUGA RAHASIA KENAPA MILITER MENJAGA KETAT ANTARTIKA
      https://www.youtube.com/watch?v=asYzxCritAI

      Hapus
  36. Sayangnya semua argumen bumi bulat sudah terpecahkan di video flat earth. Dan sampai sekarang belum ada yg bisa membantahnya lg secara logis atau dgn bukti non CGI. Bahkan dr pihak Nasa sekalipun blm pernah ada 1 pun menampilkan video atw gambar asli non CGI. Mereka selalu mempublikasikan hasil editan (foto bumi, daratan mars, satelit, dll) dgn alasan agar lbh jelas. Lalu mana foto atw video aslinya yg blm di edit? Tidak ada kah? Padahal sy menunggu pembelaan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tu video flatearth juga CGI.semua video apa aja yg di youtube CGI.yg asli video porno bung.muka lo mungkin hasil CGI.jadi muka loe is fake

      Hapus
  37. Kalau bumi itu datar, mengapa galileo sempat pernah dikucilkan gereja mengenai matahari adalah pusat tata surya? Lalu bagaimana temuan teleskop galileo yang menemukan 4 satelit dari jupiter dan menemukan planet neptunus?

    BalasHapus
  38. DAMN...!!! EARTH IS FLAT...!!!

    BalasHapus
  39. Kenapa pada percaya bumi datar? Abis nonton video penjelasannya? Terus menurut anda, semuanya masuk akal?
    Masuk akal belum tentu benar. Mungkin anda yang percaya bumi datar, juga percaya jika spiderman, hulk, dll juga beneran ada? Di filmnya sihh, kenapa mereka jadi seperti itu alasannya masuk akal. Tapi jika kita mencari tau kebenaran, ternyata itu semua salah. Dan jika kita berpikir pikir lagi, kita bakal bilang "ohshit, ga mungkin kayak gitu lahh, hahahha"
    Dari sekarang cobalah berpikir kritis, jangan asal terima beritanya. Coba kalian belajar sains lagi dan praktek ilmiah tentang apa aja yang berhubungan dengan sains.
    Semoga bangsa indonesia makin cerdas dalam dunia sains. AMIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong sebutin mana video yg tidak masuk akal dan tidak benar? Gak semua analisa di video tersebut bisa kita lakukan, yg paling mungkin adalah mengamati satelit, coba pergi ke Boscha, minta tolong sm orang ahli disana untuk melihat satelit diatas bumi, kalo gak bisa menemukan berarti elo udah tau jawabannya

      Hapus
    2. Tolong sebutin mana video yg tidak masuk akal dan tidak benar? Gak semua analisa di video tersebut bisa kita lakukan, yg paling mungkin adalah mengamati satelit, coba pergi ke Boscha, minta tolong sm orang ahli disana untuk melihat satelit diatas bumi, kalo gak bisa menemukan berarti elo udah tau jawabannya

      Hapus
    3. SAINS YANG MANA MAU DIPELAJARI KALAU SEMUA SAINS YANG DIAJARI HOAX
      SUDAH 500 TAHUN KITA DIAJARI SAINS YANG HANYA BERUPA TEORI TAPI TIDAK BISA MEMBERI BUKTI

      Hapus
  40. Bumi itu bulat
    Bukannya udah dibuktikan dgn dilakukan perjalanan keliling dunia oleh beberapa orang, entah siapa namanya, sy pernah denger gitu di TV. Mereka berlayar dan kembali ke tempat semula, logikanya sih jadinya bumi itu bulat. Yg jelas sy gak mau berdebat masalah ini, itu aja logika sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan berdebat, tp mencari kebenaran, kalo otak dan hati udah tertutup dan buta, manusia gak akan bisa menerima kebenaran, cari informasi sebanyak2nya tentang flat earth dan penjelasannya, baru lanjutkan komen disini...

      Hapus
    2. Ini bukan berdebat, tp mencari kebenaran, kalo otak dan hati udah tertutup dan buta, manusia gak akan bisa menerima kebenaran, cari informasi sebanyak2nya tentang flat earth dan penjelasannya, baru lanjutkan komen disini...

      Hapus
  41. semua punya dasar. penganut flat earth pun bukan anak TK, mereka pun ahli sains dan fisika yang juga punya pandangan. ada penjelasan flat earth dalam bahasa indonesia dalam 6 bentuk video yang sudah dikumpulkan di blog ini. buat yang merasa haus ilmu diliat aja dulu dan bandingkan http://winapurwokoadi.blogspot.co.id/2016/07/bumi-datar.html

    BalasHapus
  42. Setelah liat video nya saya yakin bumi datar, sampai ada penjelasan ilmiah dan logis yang bisa mematahkan nya:)

    BalasHapus
  43. Tetap saja #bumiituelips.. bnyk teori gravitasi, rotasi@revolusi yg mendukung dibanding bumi datar

    BalasHapus
    Balasan
    1. GRAVITASI YANG MANA ? TUNJUKAN GRAVITASI YG MANA ADA MAKSUD ?
      LEBIH BAIK ANDA TONTON PENJELASAN TENTANG GRAVITASI DISINI , KEBOHONGAN SAINS MODERN BAHWA BUMI BULAT & FAKTA SEBENARNYA BAHWA BUMI DATAR
      https://www.youtube.com/watch?v=asYzxCritAI

      Hapus
  44. Tetap saja #bumiituelips.. bnyk teori gravitasi, rotasi@revolusi yg mendukung dibanding bumi datar

    BalasHapus
  45. baru ngeh ternyata earth is flat..
    ditipu sama perusahaan2 pembuat satelit.. seolah2 mereka bikin satelit dikirim keluar angkasa padahal semua komunikasi saat ini pake tower

    cuma masih bingung ngapain mereka boong toh suatu saat akan terbongkar.. apakah murni buat cari duit atau justru melindungi kita thd ancaman dari "luar"??

    satu hal yg masih bikin ane ragu.. jika amerika dan sovyet kerjasama bombardir lapisan "langit" dgn nuklir selama 4th dan ga bisa tembus trus gmn caranya meteor bisa jatuh ke bumi yg cuma berbentuk batu?

    ps :
    buat yg mau ngatain org yg percaya bumi datar itu bego... tolooong bgt baca2 dan tonton videonya dulu supaya kalian bisa komen yg lbh bermutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin..meteor juga cuman imajinasi mereka aja gan, biar cerita tersusun rapi (mungkin) hehe

      Hapus
    2. Ingat gak kenapa meteor yg masuk ke bumi semuanya kebakar?

      Hapus
  46. Saya sarankan sebelum berkomentar lebih baik jika ditonton dulu videonya, jangan asal berkomentar.
    Sebagai manusia yang punya pikiran, harus bisa berlaku adil atas apa saja (open mind) , jangan2 pengaruh dajjal memang sudah melekat erat, melihat segala sesuatu dengan satu mata, satu sisi, seolah - olah dibutakan.

    BalasHapus
  47. COBA BACA DULU SELURUH VIDEO DI PLAYLIST VIDEO INI
    KONSPIRASI BUMI BULAT/DATAR

    BalasHapus
  48. Rame ya.....saya aja sampe.nonton semua videonya...kuota jebol tapi lumayan buat pengetahuan baru...

    BalasHapus
  49. maaf sy punya telskop 900mm syg hanya 2x magnifier & tp untung punya lensa kamera 3600mm yg biasa sy pake buat motret permukaan bulan dan neropong planet. okelah bulan bergerak melintasi bumi jadinya setiap 5 detik sy harus menggeser lensa. tapi bgm dg bintang2 dilangit apakah mereka yang ribuan itu mengelilingi bumi sehingga bergerak juga seperti bulan

    BalasHapus
  50. Sssssttt!!!. EARTH IS FLAT. bagi yg muslim silahkan tonton ini. silahkan di cerna dan di pahami.

    m.youtube.com/watch?v=fKjwWFTk-Ww

    BalasHapus
  51. Sssssttt!!!. EARTH IS FLAT. bagi yg muslim silahkan tonton ini. silahkan di cerna dan di pahami.

    m.youtube.com/watch?v=fKjwWFTk-Ww

    BalasHapus
  52. Udah nebak bumi datar pas dulu pertama kali naik pesawat. Logikanya kalo naik pesawat dari jogja ke jakarta dan jogja ke bali kok bisa sama 1 jam? Padahal kan jarak mungkin memang hampir sama, tapi rotasi bumi kan ke arah salah satunya. Nah mulai curiga deh hahahaha. Gak mungkin kecepatan pesawat nandingin bumi. Itu dari segi rotasi buminya. Dan yg paling bingung buat aku ya dulu 2011 ada pesawat dari bali ke L.A AS tp karna ada wanita hamil jadi mendarat urgent di alaska. Wtf kalo tak buka di peta bumi globe malah melenceng jauh. Di tengah pasifik malah naik ke alaska, deketan juga ke pantai barat US. Setelah kucek di peta bumi datar, ternyata alaska dulu baru US rutenya. Jadi makin percaya bumi datar, apalagi setelah tanya temen yang pilot kalo kata mereka membaca map radar daratan memang bumi itu flat. Peta benua amerika dll itu seperti di peta bumi flat. Untuk yg komen gak mutu cuman bisa bicara bahasa hewan mending kamu nyampein komen bermutu dikit kek hahahahahhaa

    BalasHapus
  53. Bumi itu datar dan diam ditempat.

    BalasHapus
  54. Kalau bumi bulat dan muter manusia dll nya pada mental semua kaleee.... kupu kupu gajah gajah DITIPU MAU AJAH ...hahahahaha

    BalasHapus
  55. Kalau bumi bulat dan muter manusia dll nya pada mental semua kaleee.... kupu kupu gajah gajah DITIPU MAU AJAH ...hahahahaha

    BalasHapus
  56. Bumi itu datar dan diam ditempat.

    BalasHapus
  57. untuk masalah meteor iya jg ya, kalo di bilang meteor bohongan pernah ada kan kalo ga salah berita di daerah mana gt di jawa jatuh meteor merusak 3 rumah, meteor bisa lewat tp nuklir ngga.. mohon luruskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. massanya beda mas kurnia kita bisa tau kecepatan nuklir dan daya ledaknya tapi kita tidak pernah bisa menghitung daya ledak asteroid/meteor

      Hapus
  58. Tanda tanda akhir zaman ilmu di cabut dan mereka saling menyesatkan

    BalasHapus
  59. Wilbur Glenn Voliva adalah orang yahudi jadi kalian di tipu orang yahudi

    BalasHapus
  60. Wilbur Glenn Voliva adalah orang yahudi jadi kalian di tipu orang yahudi

    BalasHapus
  61. Tanda tanda akhir zaman ilmu di cabut dan mereka saling menyesatkan

    BalasHapus
  62. kalau dome yg katanya gak bisa di tembus bom nuklir kenapa koq bisa meteor jatuh ke bumi,,,,gagal faham ane,,, 😑

    BalasHapus
  63. kalau dome yg katanya gak bisa di tembus bom nuklir kenapa koq bisa meteor jatuh ke bumi,,,,gagal faham ane,,, 😑

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meteor itu ciptaan tuhan sedangkan nuklir hanya ciptaan manusia.bukan kah kita meyakini kekuatan tuhan alangkah dahsyatnya

      Hapus
  64. Kl dicrmati pndaratan mndadak di alaska tidak aneh.krn psawat yg dimaksud dlm brita trsbut china airlines tdk mlakukn pnerbngan lngsung dri bali to LA, tp dari bali to taoyuan Taipe to LA. Diberitakn proses prsalinan tjd 6 jam stelh take off dr taoyuan. pilot mngajukn prmohonan pndaratn darurat di anchorage airport alaska.krn mrupkn airport trdekat dri lokasi psawt saat pnumpng mlai mlahirkn. kl dr prhitungn kalkulator online yg mngacu pd google map, jark taoyuan ke anchorage lbih dekat drpd jark taoyuan ke LA.

    "Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam perjalanan dari Taiwan menuju Los Angeles, sebuah peristiwa tidak disangka-sangka terjadi di dalam sebuah maskapai penerbangan China. Seorang penumpang mengalami pecah ketuban, dan terpaksa harus melahirkan di atas pesawat. Ketika tepat berada di atas Samudra Pasifik, pilot terpaksa MEMBELOKAN pesawat menuju ke Anchorage, Alaska."

    Kl mgacu pd peta kutub utara sbgai pusat,pilot tdk prlu belok (klaupun belok hanya sdikit) karena dikatakan rutenya satu garis lurus. Padahal pd knyataannya,utk mnuju alaska pilot benar2 mmbelokan pesawatnya. Kl mengacu pd google map memang membelok.

    Knyataan sehari2, dalm prjalnan ke suatu lokasi kita sring minta bantuan google map. Apakah google map mngacu pada bntuk bumi datar dgn kutub utara sbg pusatnya? Sya katakn tidak. Google map itu spt peta pada umumnya yg kita pakai dan peljari slma ini. Misal, saat rute pd map ditunjukn belok ke kiri pd knyataannya kita juga blok ke kiri.

    Dalam video FET 101 peristiwa pesawat jurusan los angeles belok ke alaska, dikatakan sebagai pembuktian TELAK..menurut saya pembuat video TELAK NGAWURNYA. Perlu belajar peta.

    Peristiwa tersebut malah jd bukti telak...teori bumi datar dgn kutub utara sbgai pusatnya adalah hanya teori yang tdk sesuai kenyataan.

    BalasHapus
  65. Dinosaurus hoax, evolusi hoax, peradaban manusia dan fosil raksasa disembunyikan, sejarah diputar-balikkan, pendaratan di bulan hoax,.... Mungkin saja bumi bulat juga hoax,..... Flatearth yes

    BalasHapus
  66. Bagi yg pro sma bumi datar, gue punya satu pertanyaan, klo kalian merasa negara maju itu sengaja membuat hoax bahwa bumi itu bulat, apa alasan mereka ngelakuin itu semua, bukannya semua itu ga ada untungnya sma mereka, klo mereka buat itu buat dapat biaya, mereka yg melakukan penyelidikan kan organisasi pemerintah, tentu dibayar sma pemerintah, untuk apa cari biaya lain lgi? Perasaan ga ada untungnya buat ngebohongin org sebanyak tuh... -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya ente percaya kalo tuhan ga ada

      Hapus
  67. Membaca coment2 dari berbagai acount

    Sebenarnya bumi bulat ataupun datar kita hanya bisa mensyukuri nikmat Tuhan .

    Sedangkan melihat bukti2 dari bumi datar ada benarnya .bumi datar tidak ber rotasi.
    Sedangkan menurut bumi bulat yaitu bumi berotasi pada porosnya kutub utara .

    Semenjak sd kita dibekali ilmu yaitu tata surya .ditanamkan semenjak kecil .melihat video flat earth,saya sih tercengang .antara percaya dan tidak .sedangkan bukti2 nya nyata ..

    Apakah mungkin di balik tembok es antartika itu terdapat kehidupan lain ? Dataran kah ? Atau apakah itu ?

    Kubah bumi .apakah semua tatasurya ada pada area itu ? .

    BalasHapus
  68. Membaca coment2 dari berbagai acount

    Sebenarnya bumi bulat ataupun datar kita hanya bisa mensyukuri nikmat Tuhan .

    Sedangkan melihat bukti2 dari bumi datar ada benarnya .bumi datar tidak ber rotasi.
    Sedangkan menurut bumi bulat yaitu bumi berotasi pada porosnya kutub utara .

    Semenjak sd kita dibekali ilmu yaitu tata surya .ditanamkan semenjak kecil .melihat video flat earth,saya sih tercengang .antara percaya dan tidak .sedangkan bukti2 nya nyata ..

    Apakah mungkin di balik tembok es antartika itu terdapat kehidupan lain ? Dataran kah ? Atau apakah itu ?

    Kubah bumi .apakah semua tatasurya ada pada area itu ? .

    BalasHapus
  69. Bagi penganut teori Flat Earth, coba jelaskan di bawah bumi itu apa? Atau di balik bumi itu apa? Apa ada juga pelindungnya yg berbentuk dome? Kalau ga ada, berarti boleh dong ditabrak sama benda2 langit yang lain? #MasihGagalPaham

    BalasHapus
  70. Saya rasa bisa dibuktikan dengan percobaan sinar laser dengan memancarkan sinar laser dari satu benua kebenua lainya dan mengukur garis sejajar dengan bumi ...kalau bumi intu datar mestinya sejajar ...kalau bumi itu bulat maka dipastikan tidak akan bisa memajukan sinar laser itu ... karena sinarnya memancar ketangkasan.. ... saya tak tau apakah pernah ada penelitian seperti ini...

    BalasHapus
  71. kita bisa lihat bukti" dan fakta" yang menunjukan bumi itu datar coba kita ambil dari sudut pandang netral lo pilih yg mana bulat atau datar?? bingungkan!! itulah makanya gua ambil kesimpulan bumi bulat: argument hanya apa yang di ajarkan waktu kecil sd, smp dan belum pernah menemukan faktanya hanya tulisan yg di baca tampa ada fakta yg mengkuatkan nya. bumi datar:argument dari apa yg ia lihat, dengar, baca praktek, dan fakta sehingga itu seperti cerita kenapa hadist ra bukhory di sebut hadist shohih, karena hadist ra bukhory memiliki dasar seperti bumi datar mumgkin kalian dapa tmenyimpulkan nya

    BalasHapus
  72. Kalo menurut ane, amerika membom kubah bumi dengan nuklir ga mempan, tapi meteor kok bisa masuk? Mungkin karena meteor lebih besar dari ukuran bom nuklir. Dan hancur terkikis oleh lapisan kubah bumi, sehingga menjadi kecil. Kita tidak pernah tahu kenapa meteor mengeluarkan api? Mungkin jawaban nya adalah karena terjadi gesekan itu tadi. Karena saking besarnya meteor tadi dan menerima gesekan dari kubah bumi.

    BalasHapus
  73. beberapa hari ini saya baca tentang bumi datar.mukin saya bukan orang yang pintar dalam bidang astronomi.tapi saya tertarik belajar lebih dalam lagi tentang bumi datar.dan kalo bumi itu datar lantas kenapa selama ini di sebutkan kalo bumi itu bulat..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena teori bulat mjd teori yang paling sinkron dg knyataannya.

      Hapus
  74. Coba pada kepantai di sore hari.. lihatlah sunset, indah banget... mataharinya tenggelam tidak menjauh atau terlihat mengecil... justru mendekati sore matahari terlihat jelas dan bulat besar...

    BalasHapus
  75. Sungguh besar kuasa Allah kita meninggali tempat yang sama tapi tidak tau seperti apa tempat yang kita tinggali dengan jelas hingga menimbulkan perdebatan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul skali, ada hal2 yg mnusia blm bs mnjlaskn prosesnya dan prhitungnnya tp mrasakn hasilnnya.

      Hapus
    2. Betul skali, ada hal2 yg mnusia blm bs mnjlaskn prosesnya dan prhitungnnya tp mrasakn hasilnnya.

      Hapus
    3. Ini terjemaham Qs An Naba :)
      1. Tentang apakah mereka saling bertanya-tanya? (QS. 78:1)
      2. Tentang berita yang besar 1545, (QS. 78:2)
      3. yang mereka perselisihkan tentang ini. (QS. 78:3)
      4. Sekali-kali tidak 1546; kelak mereka akan mengetahui, (QS. 78:4)
      5. Kemudian sekali-kali tidak; kelak mereka akan mengetahui (QS. 78:5)
      6. Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? (QS. 78:6)
      7. dan gunung-gunung sebagai pasak? (QS. 78:7)
      8. dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan, (QS. 78:8)
      9. dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, (QS. 78:9)
      10. dan Kami jadikan malammu sebagai pakaian 1547, (QS. 78:10)
      11. dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan, (QS. 78:11)
      12. dan Kami bangun di atas kamu tujuh buah (langit) yang kokoh, (QS. 78:12)
      13. dan Kami jadikan pelita yang amat terang (matahari), (QS. 78:13)
      14. dan Kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah, (QS. 78:14)
      15. supaya Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan, (QS. 78:15)
      16. dan kebun-kebun yang lebat? (QS. 78:16)
      17. Sesungguhnya Hari Keputusan adalah suatu waktu yang ditetapkan, (QS. 78:17)

      Hapus
  76. Mungkin yg pada di sini lupa ya ilmu pengetahuan itu selalu berkembang...karena mengikuti fenomena alam dan pemikiran manusia itu sendiri. Nah makanya pernah ada ajakan utk selalu belajar sampai akhir hayat karena Tuhan memberikan hamparan ilmu yang sangat banyak dan manusia dituntut utk mempelajarinya agar semakin beriman kepada-Nya...

    BalasHapus
  77. ane punya GPS merk garmin. GPS ane ga pake sim card.
    kalo satelit emang ga ada, trs cara kerja GPS ane itu gimana ya?
    soalnya ane pake dipelosok yg sama sekali ga ada sinyal provider, tetep jalan tu GPS ane.
    Mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju ane gan.mungkin ada yg jawab garmin kerja sama ma T atau I atau X.

      Hapus
  78. ane punya GPS merk garmin. GPS ane ga pake sim card.
    kalo satelit emang ga ada, trs cara kerja GPS ane itu gimana ya?
    soalnya ane pake dipelosok yg sama sekali ga ada sinyal provider, tetep jalan tu GPS ane.
    Mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  79. Ujung2 bawa2 agama, Tuhan, keyakinan (yg entah apalah) karena agama, Tuhan adalah kebenaran yg sangat menakutkan. apapun yg salah kalau berujung di agama, Tuhan dll.. pasti benar, sstttt awas.. jgn bodoh2in org pakai agama, Tuhan dll.. Antartika boleh dimasuki bebas kok, malah jadi destinasi wisata.. banyak2 baca ya :) Terimakasih

    BalasHapus
  80. kita2 ini bukan peneliti ahli yg langsung terjun observasi ., menurut hemat saya kita harus terbuka dgn hal2 yg berbeda dengan apa yg telah pernah didapat di pendidikan maupun penelitian2 skala kecil,namun tetap kritis terhadap bukti2 yg di ajukan masing2 teori,yang mau menerima ya silahkan , yg tidak menerima pun silahkan dgn tidak menimbulkan konflik2 yg tidak perlu yg justru akan bisa dimanfaatkan pihak2 tertentu,

    saya sendiri masih penasaran dgn teori bumi datar dan juga sama penasarannya dgn teori bumi itu bulat/ellips atau apalah yg lain

    besar juga penasaran saya dgn teori evolusi darwin, teori rotasi bumi dll,
    ketika sebuah kebohongan dibuat akan menuntut kebohongan2 lain untuk menutupi kebohongan itu, dan akhirnya jadilah sebuah sistem kebohongan yg universal,teori2 kebohongan saling sambung menyambung mendekati kebenaran yg logis

    pengalaman membuktikan keuasaan punya otoritas untuk mengubah pandangan dan opini walaupun kadang hanya bertahan sebentar

    BalasHapus
  81. kita2 ini bukan peneliti ahli yg langsung terjun observasi ., menurut hemat saya kita harus terbuka dgn hal2 yg berbeda dengan apa yg telah pernah didapat di pendidikan maupun penelitian2 skala kecil,namun tetap kritis terhadap bukti2 yg di ajukan masing2 teori,yang mau menerima ya silahkan , yg tidak menerima pun silahkan dgn tidak menimbulkan konflik2 yg tidak perlu yg justru akan bisa dimanfaatkan pihak2 tertentu,

    saya sendiri masih penasaran dgn teori bumi datar dan juga sama penasarannya dgn teori bumi itu bulat/ellips atau apalah yg lain

    besar juga penasaran saya dgn teori evolusi darwin, teori rotasi bumi dll,
    ketika sebuah kebohongan dibuat akan menuntut kebohongan2 lain untuk menutupi kebohongan itu, dan akhirnya jadilah sebuah sistem kebohongan yg universal,teori2 kebohongan saling sambung menyambung mendekati kebenaran yg logis

    pengalaman membuktikan keuasaan punya otoritas untuk mengubah pandangan dan opini walaupun kadang hanya bertahan sebentar

    BalasHapus
  82. kalo menurut saya nggak usah pada cerewet kalo cma bisa me nebak2 buktikan sendiri dulu baru pada komentar jangan cma bisa pada bawel aja kayak nenek2... sono pergi di tepian bumi yg katanya datar dan sangat tidak logis itu kalo berhasil bawa pulang bukti yang real jangan cma bisa buat foto ato video yg bisa di rekayasa,

    baru cerewet...!!!

    BalasHapus
  83. Kalau yg percaya bumi bulat silahkan toh kamu belum melihatnya sendiri to...kalau yg percaya bumi datar silahkan toh kamu juga pelum pernah melihatnya...jadi kesimpulamya jngan dijadikan perbedaan karna anda" punya keyakinan sendiri" tk ada manusia bisa melampoi kuasanya...perbedaan itu jadikan bahan untuk pertimbangan...karena teori kedua duanya juga bisa kita percayai...tpi kita tidak bisa melihatnya secara langasung dari mata kita sendiri...biarlah teori teori itu dicari para ilmuan ilmuan....kita yg petani bagaimana bisa hasil panen baik bisa bertahan hidup...bagi yg pns kerja yg bagus..buruh bangunan..dokter dan semua sesuai perananya masing..lalukan pekerjaanmu agar bisa mencari rejeki biar kita bisa mencukupi kebutuhan hidup anak istri..istri suami...dll....sudah itu aja...toh kamu pikir bulat datarnya bumi...kalau tau ya untungnya ya apa...kita bakal mati juga kan...kalani aja hidup dengan petannya masing masing...semua itu kuasanya tuhan bagi yg percaya tuhan...bagi yg tidak percaya silahkan cari sampai kamu mati kamu tidak bisa ketemu kk manusia itu tercipta dan semuai isi bumi ini...silahkan biar hidupmu tidak penasaran........

    BalasHapus
  84. Bumi itu datar, . Coba byangkan knapa samudra tetap diam meskipun bumi berputar, knp samudra laut tidak tumpah kalau bumi itu bulat?? karena gravitasi?? Ayolah sadar.. Ambil contoh balon udara yg bs terbang. Itu karena BERAT JENiS nya lebih ringan dr medium nya. Jd bumi itu datar.

    BalasHapus
  85. kalau dikatakan naik balon udara, tidak tertinggal oleh putaran bumi. itu ibarat kita melompat di dalam bus yang sedang melaju. apakah melompat dari samping supir, kita akan jatuh dibangku belakang? ketinggian balon udara itu berapa? dia masih terpengaruh oleh gravitasi yang kuat. lain jika dia terbang di atmosfer bumi.

    BalasHapus
  86. Teori baru nih Om.. Ternyata Bumi ini Kotak, Square Earth, wkwkwk.

    Bagaimanapun, akal kita sebagai manusia terbatas. Kita tidak bisa langsung menolak, tapi kita juga tidak bisa langsung menerima. It's Free Will.

    Kita liat aja Perkembangannya sampai mana dan sampai kapan..

    (Ikut meramaikan saja, saya tertarik comment gara2 kucing bertelur di atas, wkwk) U Yeah...

    BalasHapus
  87. Memang menarik, ada teori lama muncul teori baru, begitu seterusnya dari mulai zaman nabi adam sampe zaman modern sekarang, sy tonton semua video flat earth, ada yang masuk akal dan ada yg belom menurut pribadi, balik lagi masuk akal menurut 1 orang belom tentu masuk akal menurut orang lain..

    Ahli bumi datar dan referensinya sy belom menemukan penjelasan bagaimana terjadinya gerhana matahari atau bulan, dikatakan matahari dan bulan bergerak dlm satu lintasan, bagaimana saat gerhana matahari sinar matahari bisa tertutup oleh benda bulat dalam beberapa detik.. kemudian yang dikatakan presfektif seharusnya matahari menjauh dan semakin kecil tetapi di siang hari kalo kita pakai kacamata pelindung sinar matahari besarnya sama ketika posisi sore hari dan cenderung membesar ketika mau tenggelam..

    Ahli bumi bulat dan referensinya sy belom menemukan alasan kenapa di zaman modern ini yg kecanggihan nya sudah berapa ratus kalilipat di banding zaman neil amstrong mendarat di bulan, belom ada lagi yg bisa mendarat di bulan, kenapa selalu dikatakan gagal berangkat, seharusnya melihat perbandingan kecanggihan teknologi akan sangat mudah seorang astronot pergi ke bulan, apa mungkin ribet di perizinan NASA sampe berpuluh2 tahun??? Kemudian belom ada jawaban atau bantahan atas pertanyaan kenapa telescope bumi tidak bisa menangkap penampakan sattelite yg jumlahnya ribuan dan lebih dekat dgn bumi di banding planet dan bintang, GAJAH di pelupuk mata..

    Hanya Allah yang maha tau, dan manusia mencari ilmu dan menggali, yang pasti mau bulat atau datar kita yang beragama (karena banyak jg yg tdk beragama di bumi ini) bersyukur atas penciptaan alam semesta ini, beribadah untuk akherat dan berusaha mencari rejeki untuk dunia..

    BalasHapus
  88. menarik sekali tentang konspirasi bumi bulat, saya sudah sering baca artikel dan menonton bebrapa video di youtube dan beberapa blog.


    ada beberapa pertanyaan dari saya mohon fasilitasi...trims

    1. Ketika ada proyek amerika dan rusia untuk membom kubah bumi dan tak dapat tembus, mengapa meteor dapat masuk dari luar kubah bumi ? lantas mengapa roket dari bumi tak dapat keluar kubah bumi.

    satu dulu dari beberapa pertanyaan saya, mohon fasilitasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. massanya beda mas.kecepatan dan daya ledak nuklir bisa kita hitung karena kita sendiri yg merancangnya tapi apakah kita pernah menghitung daya ledak suatu asteroid/meteor? CMIIW.

      Hapus
  89. Bagaimana dengan pergantian musim? Bukankah pergantian musim terjadi karena adanya revolusi bumi, jika menurut teori bumi datar maka musim tidak akan pernah berubah. Saya masih percaya kalau bumi itu bulat. Untuk satelit buatan manusia yang dilepas ke luar angkasa tidak bisa dilihat melalui teleskop, itu karena ukuran nya kecil. Anda bisa melihat benda2 luar angkasa karena ukurannya besar. #CMIIW.

    BalasHapus
  90. Bagaimana dengan pergantian musim? Bukankah pergantian musim terjadi karena adanya revolusi bumi, jika menurut teori bumi datar maka musim tidak akan pernah berubah. Saya masih percaya kalau bumi itu bulat. Untuk satelit buatan manusia yang dilepas ke luar angkasa tidak bisa dilihat melalui teleskop, itu karena ukuran nya kecil. Anda bisa melihat benda2 luar angkasa karena ukurannya besar. #CMIIW.

    BalasHapus
  91. Untuk masalah meteor, mungkin karena ukuran meteor yg besar dan super kuat makanya bisa menembus kubah bumi, itulah sebabnya semua meteor yg masuk ke bumi dalam keadaan terbakar, bandingkan dengan roket dia akan meledak duluan sebelum menembus kubah bumi, itu sih menurut gw jangan di bully ok :D

    BalasHapus
  92. Ferdinand Magellan? Seorang pemberani yang menjelajahi bumi ke arah barat. Pada akhir pelayarannya, ia kembali ke titik semula ketika memulai pelayaran. teori bumi datar hoax blm ada bukti nyata baru teori ini itu. knpa ga skalian aj adu bukti sama NASA. peft

    BalasHapus
  93. Yang bilang bumi itu datar suruh terbang ke bulan.. terus liat tuh bumi itu datar apa gak... bego amat bilang bumi itu datar.. gak pernah sekolah kali ya

    BalasHapus
  94. Masa bodo,,,mw bulat mw datar,,,yg pnting stiap bulan gajian dapur ngebul lagi,,,udah gtu aja

    BalasHapus