Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Masalah Serius (Juga)! Kontaminasi Maju

Kita bisa saja mengkontaminasi benda langit lain dengan mikroorganisme Bumi secara tidak sengaja.

Wahana luar angkasa Galileo belum pernah disterilkan

Astronomy Event - Dalam pos sebelumnya, kita bisa mengetahui bahwa kontaminasi balik merupakan masalah serius. Ada juga masalah serius yang agak mirip dengan hal itu, kontaminasi maju.

Kontaminasi maju atau kontaminasi kiriman merupakan kontaminasi organisme Bumi di benda langit lain karena terbawa oleh astronot atau wahana luar angkasa. Mengapa ini merupakan masalah serius? Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Bisa saja organisme ini beradaptasi dan bermutasi hingga menjadi alien pintar yang berambisi menghancurkan Bumi. Itu pun hanya salah satu skenario buruknya.

Untuk mencegah kontaminasi maju, para ilmuwan mewajibkan sterilisasi wahana luar angkasa yang akan diluncurkan. 

Bagaimana dengan astronot? Kita merupakan rumah dari triliunan mikroorganisme yang sebagian besar penting untuk kehidupan kita, sehingga astronot tidak bisa disterilisasi. Ini pun merupakan masalah yang penting untuk dipecahkan karena mikroorganisme ini kadang-kadang keluar dari baju astronot. Kita pernah mengirim manusia ke Bulan, sehingga ada kemungkinan terjadi kontaminasi di Bulan.

Pernah dengar nama Galileo? Bukan, bukan Galileo Galilei, tapi wahana luar angkasa Galileo. Yap, wahana ini ditugaskan untuk meneliti Jupiter dan bulan-bulanya. Galileo mendapatkan data-data yang menakjubkan tentang Jupiter dan bulan-bulannya.

Tapi ada satu masalah, Galileo belum disterilisasi. Karena bulan-bulan di Jupiter kemungkinan mengandung air berbentuk cair, sehingga menjadi masalah. Untuk mencegah kontaminasi di bulan-bulan Jupiter, setelah misi Galileo selesai, wahana ini dengan sengaja ditabrakan ke Jupiter sehingga wahana itu hancur dan kehidupan yang mungkin ada di dalamnya mati (RIP. 21 September 2003, 18:57 GMT).

Membawa benda-benda termasuk manusia sendiri ke luar angkasa merupakan pencapaian yang luar biasa. Tapi, kita harus hati-hati saat melakukannya agar tidak terjadi sebaliknya.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: