Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Potret Semesta Hari Ini: Nebula Semut

Di kejauhan 8.000 tahun cahaya, ada sebuah semut raksasa mengapung di luar angkasa. Dengan anggunya, ia memperlihatkan warna-warna yang indah.

Nebula Semut

Astronomy Event - Pemandangan ini dipotret dari kejauhan 8.000 tahun cahaya. Potretan ini menunjukan objek terang (namun tidak begitu terang dilihat dari Bumi) yang berukuran 1 tahun cahaya. Tentu saja ini bukan semut karena sejauh yang kita tahu, tidak pernah ada semut yang hidup di luar angkasa. Objek ini merupakan sebuah mahakarya terbuat dari gumpalan awan yang diciptakan oleh bintang raksasa merah yang sudah sekarat.

Nebula yang memiliki nama resmi Nebula Mz 3 (Menzel 3) ini tidak bisa dilihat oleh mata telanjang bahkan binokuler. Ini disebabkan nebula ini memiliki magnitudo tampak yang lemah (13,8, terlalu redup untuk dilihat bahkan dengan binokuler), dan memiliki diameter tampak 50" x 12", sedangkan batas diameter terkecil yang bisa dilihat mata telanjang adalah 1' (60").

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar