Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Mengapa Inti Lubang Hitam Bukan Singularitas?

Singularitas?

Astronomy Event - Singularitas merupakan sebuah keadaan benda dimana benda memiliki volume nol dan kepadatan tak terhingga. Dalam pos Tidak Ada Singularitas di Alam Semesta, singularitas merupakan hal yang tidak ada di alam semesta karena tidak masuk akal. Namun, mengapa tidak yang namanya singularitas di dalam lubang hitam? Mari lebih spesifik!

Singularitas lubang hitam hanyalah sebuah titik yang kecilnya tak terhingga atau memiliki nol dimensi. Ini tidak masuk akal jika melihat benda berasal dari benda tiga dimensi (bintang sekarat). Dalam fisika, jika suatu benda berubah dimensi dalam waktu yang terbatas, maka dibutuhkan energi yang tak terhingga. Mengapa? Jika kalian bertanya.

Kontraksi panjang objek saat mendekati kecepatan cahaya atau c.

Berpikirlah seperti ini. Teori relativitas spesial mengatakan bahwa semakin dekat suatu objek dengan kecepatan cahaya, maka panjang objek itu akan berkontraksi (memendek) pada arah geraknya. Pada kecepatan cahaya, panjang objek itu akan nol sehingga objek hanya memiliki lebar dan tinggi (sebenarnya, dalam dua dimensi hanya ada panjang dan lebar), dan objek itu akan berubah dari tiga dimensi menjadi dua dimensi. Semua benda yang berbentuk, memiliki massa. Jika benda bermassa bergerak pada kecepatan cahaya, dalam fisika benda itu membutuhkan energi yang tak terhingga. Jadi kesimpulannya, benda bisa berubah dimensi jika memiliki energi yang tak terhingga.

Bintang sekarat tidak memiliki energi yang tak terbatas. Jika bintang ini tidak bisa melanjutkan proses fusi nuklir, maka tidak ada energi yang melawan gravitasinya sendiri dan bintang akan runtuh, memadat dan terlihat mengecil, namun massanya tetap sama. 

Jika bintang ini terus memadat dan mengecil dengan kecepatan yang terbatas, maka dibutuhkan waktu yang tak terbatas sebagai gantinya. Tentu saja, semua materi di dalam alam semesta tidak ada yang berumur tak terhingga karena alam semesta beserta isinya terbentuk 13,77 miliar tahun lalu.

Ini berarti, inti lubang hitam bukanlah dan tidak akan pernah menjadi singularitas. Inti lubang hitam hanyalah sebuah materi yang sangat-sangat padat dan sangat-sangat kecil dan mungkin terus mengecil namun tidaklah dan tidak akan pernah tak terhingga kecilnya.

Jika kalian memiliki energi yang tak terbatas, kalian bisa menggunakannya untuk membuat sesuatu yang tidak masuk akal menjadi nyata.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar