Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Kawah Biru di Planet Merah

Batu antariksa yang menghantam Mars memicu munculnya beragam kawah menarik. Salah satunya, kawah yang citranya baru saja dirilis NASA ini.


Citra kawah di Mars yang baru saja dirilis oleh NASA pada Rabu (5/2) (NASA).
Batu antariksa yang menghantam Mars memicu munculnya beragam kawah menarik. Salah satunya, kawah yang citranya baru saja dirilis Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada Rabu (5 Februari) di situs lembaga riset itu.

Citra kawah Mars terbaru itu diambil dengan kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) milik wahana Mars Reconnaissance Orbitter. Kawah tersebut memiliki lebar 30 meter dengan hiasan struktur radial gelap terang di sekitarnya.

Citra tersebut telah diolah oleh NASA. Berdasarkan keterangan NASA, warna biru pada bagian tengah kawah terjadi karena debu yang akan tampak berwarna kemerahan dilontarkan ke wilayah sekitarnya saat terjadi tumbukan.

Kawah itu berada pada koordinat 3,7 derajat Lintang Utara dan 53,4 derajat Bujur Timur Mars. Kawah itu pernah terpotret pada Juli 2010 dan Mei 2012. Citra yang dirilis kali ini adalah hasil foto pada 19 November 2013.

NASA tak memberi keterangan tentang besarnya batu yang memicu terbentuknya kawah ini. Namun, hantaman oleh batu itu memicu lontaran material hingga sejauh 15 kilometer. Mars Reconnaissance Orbitter adalah proyek penyelidikan Mars yang dikendalikan oleh Jet Propulsion Lab NASA. (National Geographic Indonesia)

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar