Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Modul Pendukung Hidup Astronot Siap Diluncurkan

Modul dibuat berdasarkan ATV, sebuah pesawat kargo yang digunakan ESA untuk memasok kebutuhan International Space Station


Modul servis Orion buatan NASA dan ESA. | NASA
Astronomy Event - Orion, modul servis yang digadang-gadang akan dapat membantu mengantarkan manusia ke bulan, asteroid, dan bahkan Mars akan segera diluncurkan. Anda yang ingat bencana Apollo 13 saat menuju ke bulan pada April 1970 akan mengingat betapa pentingnya servis modul seperti ini.

Modul servis merupakan komponen yang sulit dibuat karena faktor utama pendukung kehidupan, yakni udara dan air, haris ditempatkan di samping roket pendorong yang mudah menguap dan komponen elektronik panas.

Tak ada tempat lain yang bisa digunakan. Ujung kerucut yang ada di bawah modul terhubung ke bagian atas roket yang akan dilepaskan saat tugasnya sudah selesai, sementara kabin awak pesawat ditempatkan di atas modul servis.

Modul yang saat ini disiapkan tidak akan membawa seluruh peralatan pendukung kehidupan saat ia melakukan uji coba penerbangan luar angkasa selama 4 jam pada September mendatang. Namun Orion-orion lain nantinya akan pergi ke bulan pada tahun 2017. Ia akan diikuti oleh misi berawak pada tahun 2021. Informasi yang didapat dari perjalanan ini akan memberikan gambaran pada NASA terkait misi ke Mars.

Modul servis Orion sendiri merupakan proyek kerjasama antara NASA dan European Space Agency (ESA) dan merupakan yang pertama di industri antariksa. Ia dibuat berdasarkan ATV, sebuah pesawat kargo yang digunakan ESA untuk memasok kebutuhan International Space Station.

Sumber: National Geographic Indonesia

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar