Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

NASA Merilis Potret Terbaru Titan

Citra Titan yang dipotret oleh wahana Cassini | Kredit: NASA/JPL-Caltech/Space Science Insitute

Astronomy Event - Titan adalah bulan terbesar Saturnus yang punya segudang misterius yang membuat para astronom "gatal" untuk menjelajahinya. Salah satu usaha yang NASA lakukan untuk mengekslporasi bulan ini adalah dengan gambar citra. Pada tanggal 13 November lalu, Cassini melintas dekat dengan Titan. NASA tidak akan melewatkan kesempatan ini.

Menggunakan instrumen Cassini yang bernama Visual and Infrared Mapping Spectrometer atau VIMS untuk singkatnya, wahana tersebut memotret Titan pada spektrum inframerah saat wahana tersebut berada 10.000 km dari Titan.

Sebagai informasi, atmosfer dan awan tebal Titan menutupi permukaannya. Ini menyebabkan kita tidak bisa melihat permukaannya, kecuali jika kalian mempunyai penglihatan inframerah. Cahaya inframerah lebih sukar dipantulkan, dihamburkan dan diserap oleh atmosfer dan awan Titan sehingga instrumen seperti VIMS yang dapat menangkap sinar inframerah bisa mendapatkan citra permukaannya.

Di citra tersebut terlihat bagian timur dari wilayah paling populer dari Titan, Xanadu. Juga terdapat kawah Menvra dan detail dari cekungan Hotei Regio.

Oh, ya. Apakah kalian melihat ada bagian dari citra yang agak aneh karena memiliki resolusi lebih tinggi daripada bagian citra lainnya? Itu adalah citra yang ditangkap Cassini saat berada di jarak terdekatnya dengan Titan. Itulah konsekuensinya jika ingin memiliki gambar yang detail: medan pandang harus disempitkan.



Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus