Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Bintang Terpanas Di Alam Semesta

Melnick 34 | Kredit: spacetelescope.org

Astronomy Event - Hmm...... Apa yang spesial dari gambar yang tampak "pecah" ini? Mungkin ini terlihat seperti gambar hasil kamera yang dihadapkan langsung kearah lampu mobil, tapi ini adalah sebuah bintang 165.000 tahun cahaya disebuah galaksi alien bernama Awan Magellan Besar yang mengorbit galaksi kita. 

Bintang pada gambar ini adalah BAT99-116. Jika nama itu terdengar aneh di telinga kalian, kalian bisa menggunakan nama "Melnick 34" atau "Mk34". Bintang ini adalah tipe Wolf-Rayet. Seperti bintang Wolf-Rayet lainnya, bintang ini memiliki massa yang sangat besar, kira-kira 190 kali massa matahari atau kurang dari itu. Lalu apa yang spesial dari bintang ini. Spesialnya, ini adalah bintang terpanas yang pernah ditemukan. Suhu permukaannya diperkirakan mencapai 63.000 K (63.727 derajat Celcius).

Mengapa Mk34 bisa begitu sangat panas?

Massa besar dari Mk34 menimbulkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya ini menekan inti untuk mengecil. Ini menyebabkan reaksi fusi yang sangat cepat di dalam inti menyebabkan pelepas energi yang sangat besar. Untuk kasus Matahari kita, energi yang dilepaskan inti keluar dan gravitasi kedalam seimbang. Namun untuk kasus bintang Wolf-Rayet seperti Mk34, energi yang dilepaskan bahkan lebih besar dibandingkan gaya gravitasi bintang itu sendiri. Energi yang begitu besar dikeluarkan inti memanaskan permukaan bintang hingga mencapai suhu yang sangat tinggi.

Karena energi yang dilepaskan lebih besar dibanding gaya gravitasi bintang, angin bintang tercipta dan angin tersebut bertiup sangat kencang hingga bagian luar bintang terlepas perlahan-lahan, menyebabkan kehilangan massa yang sangat drastis.

Jika massa yang besar dapat menciptakan suhu permukaan yang besar, mengapa bintang yang lebih masif seperti R136a1 (massanya 265 kali massa matahari) lebih dingin dibandingkan Mk34? Masih banyak yang ilmuwan tidak tahu tentang bintang Wolf-Rayet karena biasanya jaraknya yang jauh dari Bumi.

Tapi, misteri menimbulkan rasa penasaran dan rasa penasaran menjadi bahan bakar untuk eksplorasi dan eksplorasi adalah alat pemecah misteri paling sempurna di alam semesta ini. Misteri Wolf-Rayet hanya tinggal menunggu waktu agar bisa dipecahkan.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar