Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Empat Pola Misterius Pluto

Foto terbaru Pluto yang ditangkap oleh instrumen LORRI  pada kejauhan 4 juta km | Kredit: NASA

Astronomy Event - Semakin mendekati Pluto, semakin banyak misteri yang diungkap New Horizons. Dan ada misteri baru yang diungkap oleh citra yang ditangkap wahan tersebut pada tanggal 11 Juli dimana terlihat empat pola hitam berupa bercak-bercak tak beraturan di permukaan Pluto.

Sebenarnya, pola misterius ini sudah membuat ilmuwan bertanya-tanya sejak minggu lalu. Namun, setelah New Horizons sudah mendapatkan gambar yang lebih tajam, pola tersebut masih menjadi misteri.

Keanehan pada bercak-bercak tersebut adalah letaknya yang mengelilingi ekuator dan terpisah satu sama lain secara teratur. Lalu, bercak-bercak tersebut hampir sama besarnya, yaitu sekitar 480 km. Ini menyebabkan ilmuwan tak sabar untuk mengungkap jati diri pola tersebut. Yang hanya bisa ilmuwan NASA lakukan adalah bertanya-tanya dan melempar beberapa spekulasi.

"Sungguh aneh mengapa keempatnya bisa terletak begitu beraturan," kata Curt Niebur, salah satu ilmuwan dari NASA.

Spekulasi
Ada beberapa spekulasi yang melayang-layang diantara para ilmuwan. Bercak-bercak tersebut bisa jadi adalah dataran tinggi. Ada juga yang berpendapat bahwa itu adalah dataran biasa yang memiliki terang yang berbeda akibat suatu zat kimia. Bisa juga bercak tersebut adalah kawah. 

Namun, tak peduli seberapa banyak spekulasi yang dibuat, tidak akan memberikan kita jawaban pasti. Kita harus menunggu hingga New Horizons meluncur di pertemuan terdekatnya dengan planet katai misterius tersebut esok hari (14 Juli) pada jarak 12.500 km. Ilmuwan berharap New Horizons akan menjelaskan semua misteri yang ada di Pluto.


Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus