Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Venus dan Jupiter Akan 'Bertabrakan' Pada 1 Juli

Konjungsi terdekat Venus dan Jupiter 1 Juli setelah matahari tenggelam | Kredit: Stellarium

Astronomy Event - Venus dan Jupiter merupakan dua planet paling terang dilihat dari Bumi. Keduanya lebih terang daripada bintang paling terang di langit malam (Sirius). Dan pada tanggal 1 Juli 2015, Keduanya akan 'bertabrakan' di langit. 

Setelah matahari tenggelam tanggal 1 Juli, kalian akan melihat konjungsi antar planet paling dekat tahun ini dimana Venus dan Jupiter hanya terpisah 20 menit busur. Seberepa besar 20 menit busur? Itu sekitar 2/3 diameter Bulan dilangit. Jarak pisah tersebut sangat kecil sehingga kita bisa melihat kedua planet tersebut beserta fitur permukaannya dalam satu jarak pandang teleskop dengan pembesaran 200 kali.

Ini merupakan fenomena langka yang wajib untuk diamati oleh warga Indonesia karena konjungsi dekat selanjutnya pada tanggal 28 Agustus 2016 dimana Venus dan Jupiter hanya terpisah 6 menit busur (1/5 diameter Bulan di langit) tidak akan terlihat di Indonesia. Jadi ini adalah kesempatan kita untuk melihat planet 'bertabrakan' di langit malam.

Konjungsi dekat ini bisa dilihat di Indonesia di langit barat dari matahari tenggelam hingga 20:48 WIB.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar