Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Potret Semesta: Fomalhaut b


Astronomy Event - Fomalhaut adalah bintang paling terang di rasi Piscis Austrinus (Ikan Selatan). Jaraknya relatif dekat, yaitu 25 tahun cahaya. Para ilmuwan dan astronom telah menemukan cincin debu yang mengelilingi bintang tersebut. Keadaan sistem bintang itu mirip dengan kondisi tata surya pada saat baru lahir. Saat meneliti gambar hasil dari kamera koronagrafi, Ilmuwan menemukan titik cahaya yang janggal di cincin debu tersebut. 

Astronom akhirnya mengindentifikasi titik cahaya itu sebagai planet baru yang bernama Fomalhaut b. Planet ini memiliki massa 3 kali lebih besar daripada massa Jupiter dan mengorbit bintang induknya dalam jarak 10,7 miliar km---sekitar 2,4 kali jarak Matahari-Neptunus. Planet ini juga diperkirakan memiliki cincin karena banyaknya materi yang dapat membentuk cincin pada sistem Fomalhaut dan massa planet yang besar.

Penemuan planet ini merupakan sebuah prestasi besar bagi Teleskop Hubble, karena Fomalhaut b adalah planet pertama yang ditemukan Hubble dengan cara pengamatan langsung.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: