Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

5 Tempat Terdingin di Tata Surya

Antartika

Astronomy Event - Matahari merupakan bintang yang memanaskan planet-planet dan objek lainnya yang mengitarinya, Untuk kita, kehangatan dari Matahari sangat penting agar kita tetap hidup. Namun, ada beberapa tempat di tata surya yang sangat dingin walaupun dengan adanya Matahari kita. Berikut 5 tempat terdingin di tata surya.

5. Stasiun Vostok, Antartika - Tempat terdingin di Bumi

Stasiun Vostok adalah stasiun penelitian yang dibangun oleh Uni Soviet pada tahun 1957. Vostok sendiri berarti timur, jadi Stasiun Vostok berarti Stasiun Timur. Stasiun ini pernah tercatat sebagai tempat paling dingin di Bumi dengan suhu -89,2 derajat Celcius. Bahkan mungkin penguin tidak akan bertahan dalam suhu sedingin itu.

4. Kutub Mars

Suhu kutub Mars adalah -73 derajat Celcius. Namun pada musim dingin, kutub Mars dapat mencapai suhu -125 derajat Celcius. Suhu yang sangat dingin ini menyebabkan karbon dioksida di atmosfer dan tanah Mars berubah menjadi es kering yang bisa dilihat dari luar angkasa.

3. Uranus - Planet terdingin di Tata Surya

Uranus bukan planet terjauh di tata surya, gelar itu diberikan kepada Neptunus. Namun, Uranus merupakan planet terdingin di tata surya dengan suhu -224,2 derajat Celcius. Secara logika, jika semakin jauh maka semakin dingin. Suhu Uranus yang lebih dingin daripada saudaranya, Neptunus karena Uranus tidak memiliki panas internal yang tidak terlalu panas sehingga permukaan Uranus tidak terlalu dipanaskan oleh panas internal Uranus.

2. Triton, bulan Neptunus
Ilustrasi fitur permukaan Triton

Triton merupakan bulan yang aneh, karena Triton mengorbit Neptunus berlawanan arah dengan arah rotasi Neptunus. Keanehan Triton lainnya adalah suhunya. Suhu di Triton kira-kira -235 derajat Celcius, lebih dingin daripada suhu rata-rata Pluto (-229 derajat Celcius). Penyebab suhu super dingin di Triton masih misteri.

1. Kawah Hermite, Bulan - Tempat terdingin di tata surya


Kawah Hermite adalah sebuah kawah yang terletak dekat dengan kutub utara Bulan. Kawah berdiameter 104 km ini memiliki beberapa daerah yang perpentual shadow atau tempat dimana matahari tidak pernah terlihat. Karena terlindungi dari sinar Matahari dalam jangka waktu yang lama, daerah-daerah itu tercatat memiliki suhu -249 derajat Celcius. Kawah Hermite pun dianggap sebagai tempat terdingin di tata surya yang pernah diketahui.


BONUS
ISS Cold Atom Laboratory
Pada tahun 2016, NASA akan mengirimkan Cold Atom Laboratory ke ISS. Menurut laporan, ISS Cold Atom Laboratory akan mendinginkan atom hingga 1 picoKelvin atau 0,000000000001 derajat di atas absolut nol, membuatnya tempat paling dingin di alam semesta.



Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: