Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Alien, Ada Atau Tidak Ada?

Alien

Astronomy Event - Kehidupan di Bumi bermula sekitar 3,8 miliar tahun lalu dari sebuah bahan-bahan organik seperti karbon, asam amino, oksigen, dll. bergabung menjadi sebuah kehidupan sederhana bernama bakteri. 3,7985 miliar tahun setelahnya, kehidupan berevolusi menjadi kehidupan kompleks nan pintar, Homo sapiens (Yak, itulah manusia) dan manusia telah menguasai berbagai pengetahuan dan menguak banyak misteri.

Saat manusia melihat ke luar Bumi mereka bertanya-tanya, apakah ada kehidupan di luar Bumi?

Kehidupan di luar Bumi memiliki istilah dalam ilmu astrobiologi, kehidupan ekstraterestrial. Namun kita lebih mengenal kehidupan luar Bumi sebagai alien. Apakah alien itu benar-benar ada? Dan seperti apa rupa mereka?

Ada beberapa kejadian-kejadian yang terjadi di masa lalu yang menjadi potensi adanya alien, misalnya insiden Pelabuhan Shag dan sinyal "Wow!". Namun, tidak ada bukti tegas yang membuat kita yakin bahwa alien itu nyata. Yang ada hanyalah konspirasi dan teori yang berputar-putar. 

Namun, kita bisa memperkirakan kehadiran alien dan ada berapa banyak jenisnya. Caranya dengan menggunakan persamaan Drake. 

Persamaan Drake merupakan suatu persamaan yang digunakan untuk menghitung ada berapa banyak peradaban di galaksi kita yang bisa kita hubungi. Persamaannya seperti ini:


Note: jika kalian bingung dengan kata "pecahan", pecahan itu seperti persen. Jadi, misalnya seperti ada berapa persen bintang yang mempunyai planet dari semua bintang. Namun perbedaannya 100% sama dengan satu. Jadi, 50% = 0,5 , 76% = 0,76 , 4% = 0,04 dan seterusnya.

Tentu saja apa yang kita bisa lakukan hanyalah perkiraan. Kita tahu seberapa besar R*, fp ,dan ne , namun kita tidak tahu secara pasti fl , fi , fc dan L. Yang kita tahu dari keempat angka itu hanyalah perkiraan yang buram. Tapi, jika kita menggunakan perkiraan buram itu kita bisa menghitung bahwa jumlah peradaban yang bisa hubungi di galaksi kita adalah 2 sampai 280.000.000.

Lalu dengan banyaknya peradaban di galaksi (secara teori), mengapa tidak ada satupun dari mereka yang menghubungi kita? Itulah misteri dalam astrobiologi. Untuk menjelaskan misteri itu, Astronomy Event menghadirkan seri Alien! Tunggu post selanjutnya.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar