Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Meteor Geminids 2015

Rasi Gemini dengan radian hujan meteor Geminids yang tampak di sebelah kiri atas gambar | Kredit: Amsmeteors.org

Astronomy Event - Pertengahan bulan Desember berarti satu hal bagi para astronom: salah satu waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor. Pada tanggal 13/14 Desember hujan meteor Geminids yang terkenal karena banyaknya meteor yang tampak pada puncaknya, yaitu sekitar 120 meteor per jamnya atau ZHR 120 (atau 2 meteor per menit). 

Dinamakan Geminids karena radian hujan meteor ini---wilayah langit dimana meteor akan terlihat selama aktivitas hujan meteor berlangsung berada di rasi Gemini tepatnya berada dekat di sebelah utara bintang Castor. 

Mengamati hujan meteor Geminids
Untuk mengamati hujan meteor Geminids, alat optik yang paling cocok adalah mata kita sendiri. Meteor pada hujan meteor biasanya cukup terang untuk bisa dilihat oleh mata. Pada kesempatan yang langka, meteor bisa memiliki kecerlangan sama dengan kecerlangan Venus (rata-rata bermagnitudo -4) atau bahkan lebih terang daripada planet tersebut. Meteor jenis ini disebut sebagai Fireball.

Kalian tidak membutuhkan teleskop bahkan tidak disarankan untuk menggunakannya karena meteor bergerak cepat secara relatif di angkasa. Jika kita mengamati dari medan pandang teleskop yang sempit, meteor akan berada di medan pandang dalam sepersekian detik. Sebuah waktu yang tidak cukup panjang untuk kita mengapresiasikan spektakulernya hujan meteor.

Musuh yang harus dihadapi untuk melihat hujan meteor adalah polusi cahaya. Seperti yang kita ketahui, cahaya dari sumber cahaya buatan seperti lampu, LED, lampu sorot, dll. dapat "mengalahkan" cahaya yang berasal dari meteor sehingga meteor tampak lebih redup atau tidak terlihat sama sekali. Maka dari itu, kita harus mengamati meteor di tempat dimana hanya ada sedikit polusi cahaya. Singkat kata, jauhi wilayah perkotaan.

Setelah masalah alat optik dan tempat terselesaikan, kita menuju masalah waktu. Kapan waktu yang tepat untuk mengamati hujan meteor Geminids?

Hujan meteor paling baik diamati saat radiannya berada tidak terlalu tinggi---agar leher kita tidak pegal karena harus mendongak ke atas untuk mengamatinya dan juga tidak terlalu rendah agar meteor yang muncul di langit tidak terhalang oleh penghalang seperti pohon dan gunung. Maka dari itu, waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor adalah sekitar tengah malam.

Apa kalian sudah siap memburu hujan meteor malam ini?

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar