Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

10 Alasan Mengapa Kita Tahu Bumi Bulat

Ada 10 alasan mengapa kita tahu bahwa bentuk bumi itu bulat


Gambar Bumi yang dipotret oleh Apollo 17 pada tahun 1972

Astronomy Event

10. Planet lain berbentuk bulat
Semua planet dan matahari berbentuk bulat. Artinya, bumi pasti memiliki bentuk yang sama dengan planet lainnya.

9. Zona waktu
Siang dan malam terjadi di waktu yang berbeda pada tempat yang berbeda di Bumi. Siang dan malam ini bergerak dari satu ujung bumi ke arah barat dan muncul di ujung yang lain.

8. Efek Coriolis
Benda yang bergerak bebas (seperti bola meriam dan badai) dibelokkan ke arah kanan jika berada di belahan bumi utara. Jika berada di belahan bumi selatan maka akan dibelokkan ke arah kiri.

7. Segitiga
Jika kalian berjalan lurus 10.000 km, lalu berbelok kekanan 90 derajat dan berjalan lurus lagi 10.000 km dan berbelok kekanan 90 derajat lagi dan berjalan lurus lagi 10.000 km, maka kalian akan berada di titik dimana kalian mulai dan berhasil membuat segitiga dengan 3 sudut 90 derajat. Segitiga dengan 3 sudut 90 derajat mustahil ada pada permukaan datar.

 Segitiga dengan sudut 270 derajat pada permukaan bola.

6. Ketinggian matahari di langit.
Matahari akan berada lebih rendah di langit jika kita menjauh dari garis equator dan ini membuktikan bahwa bumi memiliki lengkungan yang mengarah pada bentuk bola.

5. Pergeseran bintang di langit
Bintang akan bergeser dari tempatnya jika kita bergerak ke arah selatan atau utara, misalnya rasi bintang Orion akan terbalik di langit belahan bumi selatan.

4. Ferdinand Magellan berlayar mengelilingi bumi
Ferdinand Magellan berlayar ke arah barat dan pada akhirnya dia kembali ke tempat dimana dia memulai pelayaran (sebenarnya sebelum selesai mengelilingi bumi Magellan meninggal dunia dan salah satu kapalnya dipimpin oleh Juan Sebastian Elcano menyelesaikan perjalanannya).

3. Kaki langit
Jika kalian berada di danau, misalnya Danau Michigan, AS kalian akan melihat gedung pencakar langit di kota Chicago hanya terlihat bagian atasnya saja. Jika bumi datar, harusnya seluruh bagian gedung akan terlihat di pandangan kita.

2. Gerhana Bulan
Saat gerhana bulan, bayangan bumi pada bulan memiliki bentuk melengkung.

1. Kenapa kita tahu bumi berbentuk bulat karena kita mempunyai Bukti Foto yang dipotret Apollo 17 pada 7 Desember 1972.


Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=tECYHJKbkhg

    BalasHapus
    Balasan
    1. hei jangan jadi sarjana youtube
      buktikan saja belum bisa

      Hapus
  2. Thanks for info https://bit.ly/2zAzDd6

    BalasHapus