Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Satelit Gaia Mampu Temukan Ribuan Eksoplanet

Satelit buatan Eropa ini dikabarkan mampu mendeteksi 21.000 eksoplanet dalam 5 tahun.

Astronomy Event - Satelit baru buatan Eropa bernama Gaia baru diluncurkan dan dikabarkan mampu mendeteksi puluhan ribu eksoplanet. Perhitungan yang digunakan diklaim lebih baik untuk pemahaman lebih jauh tentang eksoplanet.

Satelit Gaia diprediksi dapat mendeteksi 21.000 ekspolanet baru dalam 5 tahun misinya. Jika diperpanjang sampai 10 tahun, satelit ini dapat mendeteksi 70.000 eksoplanet baru.

Satelit Gaia sendiri telah diluncurkan sejak Desember 2013 yang juga difungsikan untuk menangkap gerakan, karakteristik fisik, dan jarak dari bumi dari sekira 1 miliar benda yang berada di galaksi. Selain itu juga menghitung sebesar bintang dalam jajaran Galaksi Bima Sakti dengan presisi, dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Satelit Gaia diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang bintang-bintang dan eksoplanet di Galaksi Bimasakti.

Satelit Gaia juga digunakan untuk mengamati secara rinci tentang eksoplanet yang sudah ditemukan, seperti eksoplanet-eksoplanet temuan Kepler NASA yang sebanyak 4.000 eksoplanet dimana 1.000 sudah dikonfirmasi dan 3.000 lainnya masih berupa kandidat eksoplanet.

(Sumber: Okezone.com)

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar