Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Gerhana Matahari Sebagian Akan Terjadi Akhir April Ini

Selasa, 29 April 2014, fenomena gerhana matahari sebagian akan tampak di langit Bumi.
Ilustrasi: Gerhana Matahari sebagian.
Astronomy Event - Setelah gerhana Bulan menyapa pada Selasa, 15 April 2014, Indonesia akan disapa gerhana Matahari. Kapan? Akhir bulan nanti, pada 29 April 2014.

Wilayah selatan Indonesia bisa menyaksikan fenomena ini, yaitu sekitar 60 kabupaten/kota dalam 6 provinsi. 6 provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 

Dengan demikian, wilayah itulah yang bisa menyaksikan gerhana Matahari. Bentuk gerhana Matahari yang bisa disaksikan sendiri adalah gerhana Matahari sebagian.

Berdasarkan prediksi Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), periode gerhana Matahari akan terjadi antara pukul 10.52 WIB hingga 15.14 WIB.

Namun, gerhana sendiri tak akan terlihat selama itu. Prediksi waktu persis gerhana bisa tampak dari wilayah Indonesia kini tengah diolah.

Tempat terbaik untuk mengamati gerhana Matahari adalah wilayah utara Antartika.

Meski demikian, bukan gerhana Matahari total yang akan terjadi, melainkan gerhana Matahari cincin.


Diagram terjadinya gerhana Matahari cincin. Jarak antara Matahari dan Bumi relatif jauh sehingga umbra tidak mencapai Bumi. Akibatnya, terjadi gerhana Matahari cincin di wilayah perpanjangan umbra (antumbra).
Gerhana Matahari cincin terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi. Namun, jarak antara Matahari dan Bumi terlalu jauh.

Karena jarak yang terlalu jauh, bayang-bayang inti Bulan tak jatuh langsung ke Bumi, tetapi di satu titik antara Bulan dan Bumi.

Bila bayang-bayang inti Bulan jatuh ke Bumi, yang terjadi adalah gerhana Matahari total.

(Sumber: Kompas.com)

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar