Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Hasil Pencarian Planet X NASA

Sebelumnya, para astronom berteori bahwa Planet X, benda langit berukuran besar namun tak terlihat, diduga berada di lepas orbit Pluto



Astronomy Event - Setelah melakukan pencarian pada ratusan juta objek di berbagai penjuru langit, teleskop ruang angkasa Wide-Field Infrared Survey Explorer (WISE) tidak menemukan adanya bukti atas hipotesis tentang benda angkasa yang disebut dengan Planet X di tata surya kita.

Sebelumnya, para astronom berteori bahwa Planet X, benda langit berukuran besar namun tak terlihat tersebut diduga berada di lepas orbit Pluto. Selain dengan sebutan Planet X, benda langit itu juga disebut dengan nama lain seperti Nemesis dan Tyche.

Namun dari studi terakhir, yang melibatkan pemeriksaan terhadap data yang dikumpulkan WISE menggunakan sinar infra merah, tidak ada objek sebesar Saturnus atau lebih di jarak 10 ribu astronomical units (au) dan tak ada objek lebih besar dari Jupiter di jarak 26 ribu au.

Satu astronomical unit sendiri berjarak 149 juta kilometer. Sebagai gambaran, jarak bumi adalah 1 au dari matahari. Adapun Pluto, sekitar 40 au dari matahari.

"Susunan tata surya bagian luar kemungkinan tidak memiliki planet gas berukuran besar ataupun sebuah bintang pengikut berukuran kecil," kata Kevin Luhman, peneliti dari Center for Exoplanets and Habitable Worlds, Penn State University, Amerika Serikat.

Meski demikian, pemeriksaan terhadap katalog data yang dikumpulkan WISE tidaklah sia-sia. Dari studi kedua, terungkap bahwa ada beberapa ribu penghuni baru yang ditemukan di "pekarangan" matahari kita yang terdiri dari bintang-bintang dan benda langit bersuhu sejuk lain yang disebut dengan brown dwarf.

"Sistem bintang-bintang tetangga yang selama ini tidak terlihat dengan mata telanjang muncul dari data yang dikumpulkan WISE," kata Ned Wright, peneliti dari University of California, Los Angeles. Secara total, studi kedua WISE, yang fokus pada objek di luar sistem tata surya kita menemukan 3.525 bintang dan brown dwarf di dalam jarak 500 tahun cahaya dari matahari.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar