Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

ISS Dipasangi Dua Buah Kamera Pengamat Bumi

Dua kamera pengamat Bumi buatan Inggris berhasil dipasang di luar Stasiun Ruang Angkasa Internasional, ISS.


Kedua kamera dipasang di salah satu lengan Stasiun Ruang Angkasa Internasional, ISS (NASA).
Astronomy Event - Para kosmonot Rusia memasangnya sambil berjalan di ruang angkasa selama 6 jam, Senin (27 Jan 2014), setelah upaya sebelumnya pada Desember 2013 lalu dibatalkan karena adanya masalah teknis.

Kamera yang dioperasikan perusahaan Kanada, Urthecast digunakan untuk mengirim gambar hidup dengan resolusi tinggi kepada para pengguna internet.

Dalam pernyataannya, Urthecast mengukuhkan bahwa kedua kamera sudah mengirimkan data ke Bumi. "Saat pemasangan, kami mampu menyelesaikan semua uji coba yang diperlukan selama perjalanan di ruang angkasa." ungkap Urthecast "Pada saat ini semua telemetri yang diterima dan dianalisis sesuai dengan hasil yang diharapkan," tambah Urthecast.

Video dari kamera pertama memiliki resolusi 1 juta per piksel, sehingga bisa memperlihakan kerumunan orang dan kendaraan bermotor yang sedang jalan. Sedangkan kamera yang kedua menyediakan gambar diam dan memiliki resolusi 5 juta per piksel.

Kedua kamera dibuat oleh Rutherford Appleton Laboratory, RAL, yang berada di Oxfordshire, Inggris. 

Urthecast berharap bisa mengembangkan bisnis pencitraan dari ruang angkasa dan salah satu potensi pelanggan adalah kantor berita yang ingin mendapatkan gambar hidup dari peristiwa-peristiwa penting, seperti dari kawasan perang atau bencana.

Sumber: National Geographic Indonesia

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar