Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Warna Asli Kutub Saturnus Terungkap


detail berita
(Foto: Nbcnews)
Cassini menangkap gambar kutub Saturnus yang memiliki badai hexagonal (segi enam).
 

CALIFORNIA - Warna asli kutub serta cincin Saturnus akhirnya terungkap setelah satelit pengorbit, NASA Cassini berhasil mengabadikan planet tersebut. Ditangkap dari jarak 1,5 juta kilometer, terlihat detail warna badai kutub yang berbentuk hexagonal.
Astronom menggunakan NASA Cassini telah lama mengamati bagian kutub planet bercincin tersebut. Terlihat area hexagonal sepanjang 15 ribu mil (25 ribu kilometer). Ukuran area besar tersebut konon setara dengan hampir empat Bumi bila dimasukan di dalamnya.

Cassini menangkap badai di kutub Saturnus dalam gelombang inframerah. Terlihat cahaya merah tua atau mungkin nuansa merah, oranye dan hijau. Gambar yang ditangkap ini telah diproses untuk perkiraan warna sejati dari area hexagonal pada kutub Saturnus.

"Gambar campuran ini akan menjadi bagian dari mosaik besar Saturnus. Saat ini saya bekerja pada untuk 'Cincin dalam Saturnus'," kata Val Klavans, pemimpin tim media sosial untuk proyek film layar lebar. Kabarnya, sembilan frame dari kamera Cassini akan disatukan untuk menghasilkan gambar secara utuh.

"Mosaik ini akan menampilkan sebagian besar dunia Saturnus, sebuah bayangan pada cincin planet serta seluruh hexagonal. Gambar campuran ini akan menjadi bagian dari mosaik," tuturnya.

Pada Mei 2013, Angin topan ini diestimasi sekira 20 kali lipat lebih besar ketimbang rata-rata angin topan yang ada di Bumi.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar