Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

PSO J318.5-22, Planet Bebas Tanpa Bintang

Seperti apa planet yang melayang bebas di luar angkasa tanpa bintang induknya?
Ilustrasi planet PSO J318.5-22

Astronomy Event - Planet biasanya mengorbit bintang induknya, tapi bagaimana jika ada planet yang tidak memiliki bintang induk. Salah satu contohnya PSO J318.5-22, berjarak hanya 80 tahun cahaya dari Bumi dan punya massa enam kalinya Jupiter.


Setelah diteliti, ternyata planet ini memiliki umur yang sangat muda yaitu 12 juta tahun dan memiliki ciri fisik mirip planet gas yang mengorbit bintang induk.

Planet ini ditemukan karena panasnya yang unik tertangkap oleh teleskop Haleakala, Maui. Biasanya, planet ekstrasolar sering ditemukan dengan cara mendeteksi penurunan kecerahan bintang tanda adanya planet yang melintas dimukanya (lebih dikenal dengan metode transit).

"Kami belum pernah melihat objek melayang bebas sendiri di antariksa seperti ini. Ia mempunyai karakter planet yang melayang di sekitar bintang induk, tapi ia melayang sendirian," kata ketua tim peneliti, Michael Liu, dari Institute for Astronomy di University of Hawaii, Manoa.

PSO J318.5-22 adalah planet yang memiliki keunikan dari segi warna, cahaya, panas dan massanya, sehingga mudah terdeteksi.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar