Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Segitiga Bulan-Mars-Jupiter Akan Terbentuk Malam Nanti



Astronomy Event - Akhir-akhir ini, langit di sejumlah daerah mulai cerah seiring berkurangnya pembentukan awan dan hujan. Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk pengamatan astronomi ataupun melatih kemampuan astrofotografi.

Salah satu kesempatan baik adalah Senin (2 Sep 2013) dini hari nanti. Bulan, Jupiter, dan Mars akan membentuk bangun segitiga bila dilihat dari Bumi. 

Ketiga benda langit tersebut akan membentuk segitiga kurang lebih mulai pukul 04.00 WIB dini hari nanti. Bulan, Jupiter, dan mars akan tampak di langit timur. Jupiter akan tmpak dengan magnitudo -1,61 sementara Mars 1,84. Dengan magnitudo itu, keduanya bisa tampak dengan mata telanjang.

Dilihat dari sudut pandang manusia di Bumi, ketiga benda langit itu tampak berdekatan dini hari nanti. Namun, sebenarnya jarak ketiganya tetap jauh. 

Bulan, Jupiter, dan Mars tampak dekat karena revolusinya mengelilingi Matahari yang kadang membuatnya tampak dekat, bersanding, segaris, atau membentuk bangun tertentu. Minggu (1 Sep 2013) dini hari, Bulan bersanding dengan planet Jupiter.

Untuk mengabadikan ketiganya, kamera DSLR bisa digunakan. Namun, bila tak memilikinya, kamera smartphone dengan kapasitas 8 MP pun bisa dipakai.

Mars dan Jupiter adalah dunia yang kini terus diselidiki. Wahana antariksa Curiosity kini terus mencari bukti-bukti adanya kehidupan dan lingkungan yang mendukungnya di Mars. Sementara, atmosfer dan permukaan Jupiter beserta bulannya kini sedang menjadi target riset.

Bulan juga tak kalah menarik perhatian. China baru-baru ini merencanakan untuk mengirimkan misi tanpa awak ke permukaan Bulan. 

Dini hari nanti mungkin Anda cuma bisa mengamati ketiga benda langit itu. Suatu hari nanti, bukan tidak mungkin Anda atau generasi setelah Anda menjejakkan kaki di permukaannya, kecuali untuk Jupiter yang merupakan planet gas sehingga manusia takkan mungkin mendarat.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar