Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Apa Itu Supermoon?

Apa itu Supermoon dan apa yang membuatnya terjadi?



Astronomy Event - Hari minggu tanggal 23 Juni nanti, seluruh masyarakat Indonesia akan melihat fenomena yang disebut Supermoon. Namun, apa itu Supermoon?

Supermoon adalah fenomena dimana Bulan pada fase purnama terlihat lebih besar. Karena hal ini, fenomena ini disebut Supermoon.

Biasanya, Supermoon akan lebih besar 8-16% dan lebih terang 16-30% sehingga Bulan akan menjadi bola batu raksasa dilangit pada saat itu.



Supermoon terjadi karena Bulan pada fase purnama berada di titik perigee (titik terdekat dengan Bumi) dan Bumi, Bulan dan Matahari berada pada garis lurus. Hal ini termasuk jarang terjadi, karena terjadi satu kali dalam 14 bulan salah satunya ditanggal 23 Juni nanti.

Supermoon dapat mengakibatkan bencana alam?
Walaupun Supermoon indah dipandang, tetapi sebagian besar orang percaya bahwa fenomena Supermoon dapat mengakibatkan bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami dan pasangnya air laut hingga membanjiri daratan. Sehingga, tidak sedikit orang takut karena fenomena ini.

Tapi, apakah Supermoon bisa mengakibatkan bencana alam? jawabannya adalah tidak. Menurut NASA, Supermoon tidak menyebabkan bencana alam dan hanya menaikan permukaan laut hanya beberapa inchi saja. Semua yang dikatakan tentang orang-orang tentang bencana alam akibat Supermoon hanya omong kosong dan tidak bisa dideskripsikan dengan ilmiah.

Kapan Supermoon akan terjadi?
Seperti yang sudah dikatakan di atas, Supermoon akan terjadi pada tanggal 23 Juni 2013 pukul 18:33 WIB. Supermoon berikutnya akan terjadi 11 Agustus 2014.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar