Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Dactyl, Si Bulan Asteroid

Asteroid 243 Ida bersama dengan bulannya, Dactyl yang berada di bagian kanan gambar. Dipotret oleh wahana Galileo | Kredit: NASA

Astronomy Event - Biasanya, satelit alami atau bulan dimiliki oleh planet. Namun bulan yang satu ini agak unik karena mengorbit mengelilingi asteroid lain. Bulan unik ini bernama Dactyl atau nama resminya Ida I karena mengelilingi Asteroid 243 Ida. Dinamakan Dactyl karena itu merupakan nama makhluk yang tinggal di Gunung Ida di Pulau Kreta dalam mitologi Yunani.

Dactyl memiliki diameter 1,4 km. Bulan ini memiliki kawah yang banyak. Materialnya pun sama dengan material Asteroid Ida. Pada saat Galileo memotret Asteroid Ida dan Dactyl pada tahun 1993, keduanya (Ida dan Dactyl) terpisah sejauh 90 km. Sampai saat ini, masih belum pasti orbit bulan asteroid ini.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar