Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

New Horizons Memasuki Fase Pertemuan dengan Pluto

Anggota tim New Horizons bersorak gembira saat New Horizons memulai rangakaian pengamatan sains. | Kredit: NASA/New Horizons

Astronomy Event - Setelah menunggu 9 tahun, menjelajah 4,8 miliar km ke luar angkasa dan menghabiskan dana 700 juta dollar Amerika, Wahana luar angkasa New Horizons mencapai fase pertemuan. Ini ditandai dengan rangkaian pengamatan Pluto yang telah dijalankan.

Fase pertemuan ini akan terus berlanjut hingga tanggal 16 Juli. Selama fase 9 hari ini, New Horizons akan mengumpulkan data-data detail tentang planet katai Pluto dan mengungkap misteri-misteri yang terkandung di dalamnya. Puncak pertemuan akan terjadi pada tanggal 14 Juli dan berlangsung selama beberapa jam.

Selama wahana mendekati Pluto, NASA TV akan menyiarkan update dari kontrol misi di Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory di Laurel, Maryland, USA, pada pukul 22:30 WIB. Siaran ini berlangsung setiap hari hingga tanggal 14 Juli.

Tim New Horizons sangat gembira dengan dimulainya fase ini. Apalagi setelah ada kendala pada wahana luar angkasa itu. Pada tanggal 4 Juli, New Horizons mengalami kecacatan software dan membuat NASA menjalakan safe mode, Kecacatan ini disebabkan akan kelemahan timing pada rangkaian program yang digunakan untuk mempersiapkan wahana untuk pertemuan dekatnya. Masalah tersebut membuat tim New Horizons agak ketakutan.

Selama 3 hari dalam safe mode, New Horizons kehilangan 500 data foto yang dihasilkan dengan 30 pengamatan, menurut NASA. Namun NASA mengatakan bahwa data yang hilang tersebut hanya kurang dari 1 persen dari total data yang diharapkan dikumpulkan selama 4 Juli sampai 16 Juli.

New Horizons akan berada 12.500 km di atas permukaan Pluto pada tanggal 14 Juli pukul 11:49:57 WIB. Misi New Horizons diperkirakan akan terus berjalan hingga tahun 2026.

Kita sudah sangat dekat sekarang. Kita sudah sejauh ini dan kita akan membayar perjalanan panjang ini dengan mengenal Pluto dari jarak dekat.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar