Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

GK Persei, Kembang Api di Luar Angkasa

GK Persei

Astronomy Event - Kembang api biasa digunakan untuk merayakan hari besar seperti Tahun Baru dan untuk orang Amerika, Hari Kemerdekaan Amerika (4th of July). Namun, ada kembang api yang berada di luar angkasa, lho.

Pada tahun 1902, sebuah bintang di konstelasi Perseus bernama GK Persei menerang secara drastis dan tiba-tiba hingga magnitudonya mencapai 0,2 (terang). Bintang ini naik terangnya hingga 7-15 kali kecerlangan asli. Ini sebut sebagai Nova Persei 1901 dan merupakan nova paling terang di zaman modern sebelum terjadinya Nova Aquilae 1918.

Nova ini terjadi secara periodik. Nova ini terjadi 3 tahun sekali dan berlangsung selama 2 bulan. Saat terjadinya nova, bintang ini merobek dan menghembuskan sebagian bagian luarnya ke luar angkasa. Ini menyebabkan nebula berbentuk seperti kembang api disekitarnya yang bergerak dengan kecepatan 1.200 km/detik. Nova Persei ini ditemukan pertama kali ditemukan pada tanggal 21 Februari 1901 oleh Thomas David Anderson.

Kembang api yang kita tembakan hanya berlangsung selama sekitar 2 detik. Namun kembang api GK Persei telah berlangsung selama 113 tahun di kejauhan 1500 tahun cahaya. Kembang api berwarna merah ini sudah memukau para astronom sejak dahulu kala.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar