Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Lagu 'Oh Pluto' Rayakan Pertemuan Dekat Dengan Pluto Mendatang

Ilustrasi pertemuan dekat New Horizons dengan Pluto | Kredit: Thierry Lombry

Astronomy Event - 14 Juli 2015 akan menjadi hari bersejarah. Wahana luar angkasa New Horizons akan melakukan pertemuan dekat dengan Pluto pada jarak 12.500 km. Dengan jarak sedekat itu, New Horizons akan memotret Pluto dengan sangat detail dan tajam. Begitu dinantikannya pertemuan itu hingga dibuat soundtracknya.

Lagu berjudul 'Oh Pluto' karya Craig Werth akan merayakan pertemuan dekat dengan Pluto yang merupakan kesempatan emas untuk mempelajari mantan planet tersebut.

"Pikiranku tentang lagu itu adalah untuk memperlakukan Pluto sebagai teman. Kita telah memahami dari jauh dan sekarang akan datang untuk berkunjung," kata Werth.

Dengan bantuan dari temannya sesama penyanyi dan penulis lagu, Christine Lavin membuat video 'Oh Pluto' yang berisi banyak orang yang menyapa Pluto. Video tersebut dirilis di YouTube pada tanggal 23 Juni dan sekarang sudah ditonton 6.350 pasang mata. 

Berikut videonya:

Pertemuan dekat ini sangat ditunggu, karena selama 85 tahun setelah Clyde Tombaugh (Btw, sebagian kecil abu kremasi Clyde Tombaugh dibawa oleh New Horizons) kita tahu sangat kecil tentang Pluto, bahkan Teleskop Hubble tidak membantu banyak. New Horizons akan mengungkap banyak misteri tentang Pluto dan mungkin akan menemukan bulan baru Pluto.

Namun setelah pertemuannya dengan Pluto, misi New Horizons belum selesai. New Horizons akan melakukan pertemuan dekat dengan beberapa objek-objek Sabuk Kuiper seperti 2014 MU69, objek Sabuk Kuiper yang paling tinggi kemungkinannya untuk dijadikan target New Horizons. Tapi, itu jika NASA merencakan dan mendanai perpanjangan misi. Misi New Horizons diperkirakan akan selesai pada tahun 2026 berdasarkan perhitungan peluruhan baterai plutonium.

New Horizons akan menyusul wahana Voyager menuju ruang antar bintang sekitar tahun 2047.

(Sumber: Space.com)

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar