Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Semakin Dekat, 20 Hari Menuju Pluto!

New Horizons menuju Pluto!

Astronomy Event - New Horizons telah menempuh jarak 4,76 miliar km dari Bumi karena rasa keingintahuan manusia akan mantan planet ini. Berawal dari Clyde Tombaugh hingga mengirimkan sebuah benda logam dilengkapi peralatan canggih ke planet kerdil tersebut. Dan logam tersebut tinggal 20 hari lagi dapat meluruhkan keingitahuan kita.

Saat post ini dirilis, New Horizons berada pada jarak 24.000.000 km dari Pluto, lebih dekat daripada jarak terdekat Venus ke Bumi dan wahana ini mendekatinya dengan kecepatan yang dapat mengalahkan dengan pesawat jet tercepat sekalipun, 58536 km/jam. Sangat tinggi sehingga NASA khawatir akan asteroid yang mungkin menabrak New Horizons bahkan batu kerikil berukuran kecil pun dapat "membunuh" wahana luar angkasa ini. Untungnya, saat ini New Horizons masih aktif.

Pada tanggal 14 Juli, New Horizons berada pada jarak terdekatnya dengan Pluto, yaitu 12.462 km, lebih dekat daripada jarak Pluto ke Charon sehingga menjadi kesempatan besar untuk memotret Pluto, Charon dan teman-teman satelitnya seperti Nix, Hydra, Styx, dan Kerberos. Ada kemungkinan New Horizons akan menambah daftar bulan Pluto.

4 foto yang dipotret istrumen LORRI pada tanggal 29 Mei hingga 2 Juni | Kredit: NASA

Gambar diatas adalah potretan Pluto terbaik kita punya untuk sekarang. Semakin dekat New Horizons ke Pluto, semakin jelas jepretan Pluto.

"Ini sangat menarik untuk melihat gambar sedetail ini," kata Cathy Olkin, deputi projek ilmuwan.

"Kita akan menulis pada buku catatan. Kita tahu sangat sedikit tentang sistem Pluto sekarang," kata Alan Stern dari Southwest Research Institute. "Ini benar-benar misi ekspolrasi yang baku, terbang menuju ketidaktahuan untuk melihat apa yang ada disana."

Pluto, we're coming!

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar