Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Bintang Terdekat Part 2: Masa Depan

Diagram yang menyatakan jarak bintang-bintang dalam kurun waktu 20.000 tahun lalu hingga 80.000 tahun kedepan.

Astronomy Event - Jarak Bumi ke bintang tetangga terdekat, Proxima Centauri sekitar 4,2 tahun cahaya. Dan seperti yang kita tahu bahwa bintang terus bergerak relatif terhadap kita, sehingga jarak Proxima Centauri dan bintang lainnya akan berubah setiap saat. Jadi, siapakah bintang tetangga terdekat di masa depan.

Proxima Centauri terus mendekati Bumi hingga 27.400 tahun kemudian dimana jaraknya hanya 2,9 tahun cahaya. Sebelum itu terjadi, 27.000 tahun kemudian Alpha Centauri akan menjadi bintang terdekat dan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi 28.400 tahun kemudian dimana jaraknya hanya 2,97 tahun cahaya.

33.000 tahun kemudian, bintang bernama Ross 248 akan menjadi bintang terdekat hingga 42.000 tahun kemudian. Namun selama itu, Ross 248 tidak akan terlihat oleh mata telanjang karena ia adalah bintang katai merah yang redup.

Gliese 445 akan menjadi bintang terdekat dari 42.000 - 49.000 tahun kemudian. Namun tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Setelah itu, Alpha Centauri akan menjadi bintang terdekat lagi.

Fakta menarik, Voyager 1 akan mendekati Gliese 445 pada jarak 1,6 tahun cahaya 40.000 tahun kemudian. 

Kita akan maju begitu jauh, 1.447.000 tahun kemudian. Gliese 710 akan menjadi sangat dekat dengan Bumi, bintang ini akan memasuki kawasan Awan Oort. Bintang ini akan mengganggu orbit batuan dan komet dan membuat sebagian dari batuan itu masuk ke tata surya dan berkemungkinan (kecil) menabrak Bumi.

Titik terdekat Gliese 710 dengan Bumi adalah 1,01 tahun cahaya dengan magnitudo visual 0,5. Bintang ini akan nampak seperti Mars karena kemiripan warna dan kecerahannya.

Namun, itu belum sedekat bintang yang satu ini.

HIP 85605 merupakan bintang yang agak misterius, karena kita belum tahu sebagian besar tentang bintang ini (jarak, magnitudo mutlak, kelas spektrum, dll.). Namun yang pasti, ia mendekat ke Bumi. Kapan dan berapa jauhnya bintang ini pada saat titik terdekatnya hanyalah perkiraan kabur ("kabur" disini adalah kata sifat).

Kira-kira 240.000 sampai 470.000 tahun kemudian, bintang ini akan berada pada jarak kira-kira 0,13-0,65 tahun cahaya. Lebih dekat daripada Gamma Microscopii, bintang terdekat yang paling dekat dalam sejarah manusia (Baca: Bintang Terdekat Part 1).

Bintang ini akan memasuki bagian tengah hingga dalam Awan Oort dan mengganggu orbit batuan dan komet. Namun, kemungkinannya sangaaaaaaaat kecil untuk memasuki tata surya dan akan lebih keeeeecil lagi untuk bertabrakan dengan Bumi ataupun Matahari.

Jika bintang sering berdekatan satu sama lain, bagaimana dengan kita. Sebagai makhluk sosial, kita harus berdekatan satu sama lain lebih dekat dari bintang manapun, planet manapun, dan satelit manapun. Kedekatan itulah yang membuat kita bentuk kehidupan yang istimewa.


Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: