Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Pesan Untuk Tahun 2014



Indonesia, 29 Desember 2014

Kepada tahun 2014
Dimana saja

Dear tahun 2014,
       Kau penuh akan kejutan, dengan berbagai hujan meteor, okultasi, penemuan aneh. Semuanya aku jalani dengan penuh bahagia. Tanggal 15-16 April, Gerhana bulan total terjadi. Tapi sayangnya tak terlihat dari bagian Bumi dimana aku tinggal. 29 April, kau pun memberikan gerhana matahari cincin di angkasa, angkasa dari Antartika tepatnya. Kenapa gerhana matahari tidak mengunjungi langit di negaraku, 2014? 
        Saat di dalammu, aku juga ingat Saturnus terhalang oleh Bulan yang kami sebut okultasi 8 Agustus lalu. Tapi, maaf aku tidak melihatnya. Oh ya, aku juga ingat tentang puncak hujan meteor Perseids tanggal 12-13 Agustus. Dengan 60 meteor melesat di langit per jam, langit saat itu seperti diisi cahaya berbentuk jarum. Supermoon juga datang saat itu! Bulannya tampak besar dengan cahaya yang melesat cepat di sekitarnya, kadang-kadang.
       Tapi, kau hebat sekali! Gerhana matahari kedua di dalammu pada tanggal 8 Oktober dapat dilihat di luar rumahku. Terima kasih! Oh, ada juga pada 23 Oktober, gerhana matahari sebagian muncul di Amerika. Lagi-lagi tidak muncul di negaraku. Kenapa, 2014?
        Di dalammu, manusia melakukan sesuatu yang menarik: mendaratkan robot pertama di komet! Benar-benar suatu kebanggan bagi umat manusia. Kami sudah menunggu lama untuk waktu yang tepat robot bernama Philae ini mendarat di komet Churyumov-Gerasimenko (kau bisa menyebutnya komet 67P). Waktu yang tepat itu berada di tahunmu! Kau mungkin merasa bangga. Robot itu mendengar suara-suara aneh di komet itu (A Singing Comet). Kau pernah mendengarnya? Apa kau pikir itu nyata atau robot itu salah dengar?
       Hal menakjubkan lain adalah hujan meteor Geminids yang mencapai puncaknya pada 13-14 Desember dengan 120 meteor penuh warna tiap jam, dan juga titik balik musim dingin 22 Desember (di waktu wilayahku)! 
       Tapi ada hal yang tidak menyenangkan di dalammu. Roket Antares yang mengangkut Cygnus Orb-3 meledak (RIP. 29 Oktober, 05:22 WIB). Padahal, wahana itu mengangkut peralatan penting bagi astronot di ISS seperti buku dan makanan. Bagaimana nasib astronot di ISS sana? Menurutmu?
       Akhirnya, kita harus berpisah. Sangat disayangkan kita hanya bertemu hanya satu tahun dan semuanya akan menuju tahun yang baru, 2015 dan bertemu dengannya selama satu tahun lainnya. Jadi, terima kasih atas kejadian-kejadian bahagia, aneh dan tidak menyenangkan yang berada di dalammu. Semuannya aku hargai dan rasakan apa adanya. Pertemuan denganmu akan ditutup dengan hujan meteor Ursids (Tapi sayang, tidak bisa dilihat dari wilayahku.) dan perpisahan kita denganmu dan perjumpaan kita dengan tahun 2015 akan dirayakan dengan kembang api indah yang membuat burung-burung trauma dan stress di wilayah perkotaan, dan sebagian dari mereka mati karena stress.
       Aku ingin bertemu lagi denganmu, tapi arus waktu tidak membiarkanku. Aku meninggalkan beberapa foto kejadian astronomis yang diambil di dalammu, tahun 2014 di dalam amplop pesan agar kau tahu bagaimana menajubkannya dirimu. Sebelum dikirim, foto ini aku copy dan yang aslinya aku taruh di harddrive untuk kenang-kenangan.
       Selamat tinggal tahun 2014! Jaga dirimu baik-baik!

Sekumpulan atom yang hidup,

Admin N

Gerhana bulan total 15 April di Melbourne, Australia

Bayangan bulan di Antartika saat gerhana bulan cincin pada 29 April

Okultasi Saturnus 8 Agustus. Bisa kau lihat benda kecil kuning di atas Bulan?

Gerhana bulan total 8 Oktober di Kebumen, Indonesia

Supermoon 10 Agustus di Al-Aqsa, Palestina

Ledakan Roket Antares 29 Oktober

Touchdown! Philae mendarat di komet 67P pada 12 November.

Foto pertama yang dipotret dari komet. Hebat, Philae!

Hujan meteor Geminids 2014 dengan efek long exposure

Selamat tinggal, 2014.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar