Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Apa itu Ruang?

Gravitasi dapat melengkungkan ruang.

Astronomy Event - Ruang secara harfiah merupakan dimana objek-objek ada. Untuk lebih jelas, ruang merupakan dimensi yang menyediakan lokasi kehadiran suatu benda. Tanpa ruang, kita tidak mungkin ada dan memiliki lokasi.

Ruang ada dimana-dimana. Saat kalian duduk, menonton TV, membaca post ini atau berada di ISS, kalian berada di ruang. Ruang yang memberi kita tempat untuk hadir di alam semesta ini.

Lalu, dimensi ruang berapa yang kita tempati ini? Ruang tiga dimensi! Tapi kenapa kita tahu? Kenapa kita tidak berpikir bahwa semuanya berada di satu dimensi yang bergerombol hingga terlihat tiga dimensi? Jawabanya, kita tidak tahu. Kita hanya tahu bahwa alam semesta terlihat tiga dimensi.

Tapi, ruang tidak hanya statis, ruang bisa berubah juga! Ruang bisa melengkung jika adanya gravitasi, ruang bisa mengembang dan menyusut.

Setelah terjadinya Big Bang, alam semesta terus mengembang hingga kini. Namun, penjelasan itu tidak benar. Ruang di alam semesta yang mengembang. Itulah mengapa galaksi semakin jauh dari kita akibat jarak yang makin besar karena pengembangan ruang.

Jadi, kita bisa ada karena ruang yang menyediakan tempat untuk kita hadir. Jangan berharap kita hidup tanpanya, atau alam semesta kosong melompong yang membosankan.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar