Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Penerjun Norwegia Hampir Disambar Meteoroid

Seorang penerjun Norwegia mengaku hampir disambar meteoroid.


Video rekaman proses terjun Anders Helstrup (Foto via KOMPAS.com)
Astronomy Event - Seorang penerjun Norwegia, Anders Helstrup mengaku ia hampir disambar meteoroid dan akhirnya mendarat selamat. 

Anders Helstrup melakukan skydiving pada musim panas 2012. Ia terjun dari pesawat, dan membuka parasut pada ketinggian tertentu. Dia memakai helm pelindung yang dilengkapi kamera sehingga bisa merekam apa yang terjadi disekitarnya.

Saat membuka parasutnya, ia meresakan ada sesuatu yang melintas. "Saya merasa ada sesuatu yang melintas. Namun, saya tak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi," katanya.

Ketika melihat hasil video rekaman kamera di helmnya itu. Ia melihat ada batu yang meluncur ke arahnya.

Karena itu, ia mengontak Natural History Meseum di Oslo, Norwegia untuk mengetahui jenis objek yang melintas. Ia menduga, batu itu adalah meteoroid.

Hans Amundsen, seorang geolog Norwegia, mengonfirmasi bahwa objek itu memang batu angkasa. "Ini tak mungkin benda lain," katanya.

Menurut Helstrup, bentuk objek itu benar-benar seperti meteoroid. begitu juga kenampakannya, satu sisi menunjukkan bekas pecahan, sisi lainnya halus dan membulat.

Meski ada keterangan pakar, beberapa orang meragukan. Ada yang menyangka bahwa objek itu sebenarnya bukan meteoroid, atau malah sebenarnya tidak ada.

Kolumnis astronomi di Slate.com, Phil Plait, dalam tulisannya yang terbit pada Sabtu (5/4) lalu mengajak publik untuk menganalisis tentang identitas objek itu.

Meski mungkin terjadi, ia tak mengetahui pasti apakah objek itu rekayasa dan sengaja ditambahkan pada video.

Namun, jika ada yang menduga bahwa objek tersebut sengaja dijatuhkan dari pesawat yang membawa Helstrup atau oleh penerjun lain, maka itu adalah sesuatu yang tidak mungkin.

Apakah video ini mungkin palsu? "Mungkin saja untuk zaman seperti sekarang. Namun, sepertinya tidak [palsu]," tulis Plait.

"Setelah melihat video beberapa kali dan memikirkannya, kesimpulan saya adalah, video ini lebih mungkin nyata daripada tidak," imbuh Plait. Ada kemungkinan bahwa objek itu memang meteoroid.

Sebagai informasi, meteoroid adalah batu yang mirip asteroid tetapi meteoroid berukuran lebih kecil
Sumber: National Geographic Indonesia.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar