Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Bumi Memanas Setiap Tahun



Astronomy Event - NASA menunjukkan dalam sebuah video mengenai perubahan iklim yang terjadi di Bumi sejak lebih dari 60 tahun lalu. Terungkap bahwa Bumi semakin panas dari tahun ke tahun.

NASA menunjukkan melalui video, peta temperatur Bumi dari 1950 sampai dengan 2013. Data memperlihatkan bahwa perubahan temperatur global tidak bergerak lambat, tetapi meningkat.

Video yang dirilis badan antariksa Amerika Serikat ini juga menjelaskan bahwa Bumi kian menghangat. Puncak terpanas kabarnya pernah terjadi pada 1998, 2000, 2005 dan 2010.

Menurut NASA Goddard Institute for Space Studies (GISS), rata-rata temperatur Bumi di 2013 mencapai 14,6 derajat Celcius. Rata-rata ini 0,6 derajat Celcius lebih tinggi ketimbang era tahun 2000-an. 

Rata-rata temperatur global meningkat 0,8 derajat Celcius sejak 1880. Data ini menunjukkan bahwa tren perubahan iklim sedang berlangsung.

"Walau satu tahun atau satu musim bisa dipengaruhi oleh peristiwa cuaca yang acak (random), analisis ini menunjukkan perlunya untuk melanjutkan pemantauan jangka panjang," kata Gavin Schmidt, klimatolog GISS.

Peneliti GISS mengatakan, temperatur global meningkat seiring bertambahnya tingkat gas greenhouse (rumah kaca) di atmosfer. Emisi ini disebabkan aktivitas manusia. Tingkat karbondioksida di atmosfer bumi mencapai lebih dari 400 part per million (ppm).

Sumber: Okezone.com

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar