Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

DARPA Akan Luncurkan Teleskop MOIRE






Astronomy Event - Ilmuwan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) baru-baru ini menguji prototipe teleskop MOIRE (Membrane Optical Imager for Real-Time Exploration). Teleskop ini akan diluncurkan ke luar angkasa.

Dilansir Engadget, Jumat (6/12/2013), peneliti menginginkan gambar Bumi beresolusi tinggi yang ditangkap dari luar angkasa. Akan tetapi, teleskop berbasis kaca terlalu besar untuk diluncurkan ke orbit luar Bumi.

DARPA mengembangkan solusi teleskop luar angkasa yang dapat dilipat. Teleskop yang ditempatkan di orbit luar Bumi ini kemudian dapat membuka dan membidik objek dari luar angkasa.

Seperti unit pesawat luar angkasa masa depan, teleskop ini menggantikan kaca dengan membran polimer efisiensi tinggi dan tampil dengan bentuk kompak. Teleskop tersebut kabarnya memiliki ukuran diameter 20 kaki dan dapat diperluas menjadi 68 kaki.

Teleskop yang besar ini nantinya dapat menangkap gambar Bumi lebih tajam dengan resolusi tinggi. DARPA belum menentukan tanggal peluncuran untuk teleskop lipat tersebut. Perangkat ini kabarnya dapat menangkap 40 persen area Bumi dalam satu kali jepretan.

Program MOIRE ini juga memungkinkan bagi roket atau pesawat luar angkasa yang lebih kecil untuk mengangkut teleskop luar angkasa. DARPA telah merilis sebuah video konsep teleskop MOIRE yang diunggah ke YouTube.


Sumber: Okezone.com

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar