Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Syarat-Syarat Agar Suatu Planet Menjadi Layak Huni

"apa aja syarat sebuah planet bisa trdpt makhluk hidup?Brp kemungkinan di alam semesta ada planet spt bumi?" - @naufalahd

 Planet layak huni

Astronomy Event - Bumi merupakan planet yang sangat unik dan menarik, karena planet layak huni memiliki banyak syarat yang harus ditepati. Semua syarat ini tentu tidak mudah ditepati.

Sebuah planet harus memenuhi beberapa syarat untuk bisa menampung kehidupan:

Massa
Massa adalah hal yang penting, karena jika massa suatu planet cukup besar, maka gravitasinya cukup kuat untuk menahan air dan udara. Jika massa planet terlalu besar, maka menghasilkan gravitasi yang terlalu kuat untuk menunjang proses pembentukan kehidupan dan organisme yang terbentuk akan sulit hidup. 

Jika massa planet terlalu kecil, maka planet tidak memiliki gravitasi yang cukup untuk menampung air dan zat-zat lainnya. Semuanya akan berterbangan kemana-mana.


Jarak dari Bintang Induk
Planet harus berada pada jarak yang tepat dari bintang induknya atau harus berada pada area yang disebut zona habitasi (Habitable Zone atau juga disebut Goldilock Zone). Jika planet berada pada zona habitasi, maka ia dapat menahan agar air tetap berada keadaan cair.

Jika terlalu dekat, maka laut di planet akan menguap dan jika terlalu dingin, maka laut akan membeku dan udara di atmosfer akan berkondensasi menjadi bentuk cair.


Semakin panas bintang, maka zona habitasi akan semakin jauh dari bintang begitupun sebaliknya.

Unsur Atmosfer

Atmosfer haruslah memiliki unsur yang tepat untuk kehidupan, misalnya oksigen, nitrogen, metana dll. Jika unsur atmosfer tidak tepat (seperti mengandung unsur beracun dan mengandung asam) maka kehidupan akan sulit berkembang.

Molekul penetralisir radiasi seperti ozon (O3) dan ion-ion juga dibutuhkan agar radiasi tidak bisa memecah molekul penyusun kehidupan. Jika tidak, maka kehidupan sulit berkembang.

Medan magnet

Medan magnet sebuah planet dibutuhkan untuk melindungi kehidupan dan zat-zat penunjang kehidupan dari radiasi bintang induk. Medan magnet harus kuat dan bisa menepis radiasi dan angin bintang (stellar wind).


Jika medan magnet planet lemah seperti Mars (medan magnetnya hanya melindungi beberapa daerah), maka atmosfer akan tertiup oleh angin bintang dan radiasi akan sampai ke permukaan dan membahayakan kehidupan.

Jarak dari pusat galaksi

Jarak planet ke pusat galaksi harus tepat. Jika terlalu dekat maka radiasi inti galaksi terlalu tinggi dan akan membahayakan kehidupan. Selain itu, didekat inti galaksi banyak terdapat bintang berspektral O (berwarna biru, beradiasi tinggi dan bersuhu sangat tinggi).


Jika terlalu jauh, maka perlindungan medan magnet galaksi dari radiasi antar-galaksi melemah, sehingga planet akan terkena radiasi antar galaksi.

Harus planet padat
Planet itu haruslah planet batuan atau planet padat agar kehidupan bisa berpijak. Planet gas tidak memiliki permukaan padat, sehingga kehidupan tidak memiliki tempat berpijak.


Ada berapa jumlah planet layak huni di alam semesta?
Ilmuwan belum bisa menghitung ada berapa jumlah planet layak huni di alam semesta, karena alam semesta diperkirakan tak berujung. Tetapi, ilmuwan mengkalkulasikan ada sekitar 60 miliar di galaksi Bimasakti sendiri, bagaimana dengan ratusan miliar galaksi yang semuanya bagian kecil dari alam semesta?

Tapi, ke-60 miliar planet layak huni tersebut belum tentu kehidupan ada. Kalaupun ada, pasti hanya ada jutaan planet yang memiliki kehidupan dengan bentuk dan intelegensi yang berbeda.


Kita masih belum tahu secara pasti apakah kita sendirian di alam semesta?


Tapi yang kita tahu, Bumi adalah tempat yang unik dan menarik karena dapat menjadi tempat terciptanya organisme beraneka ragam dan mungkin itu bukanlah hal yang terlalu buruk bagi Bumi.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: