Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Mengenal Neptunus,Dunia Biru Yang Berangin

Neptunus adalah planet kedelapan dan planet terakhir dari Matahari.Neptunus memiliki warna biru yang memukau dan enak dipandang,tapi planet ini ternyata tidak semuanya indah,mengapa begitu?



Neptunus memiliki diameter 49,528 Km,massanya 17.1 massa Bumi dan kepadatan atau massa jenisnya 1,638 g/cm3.Neptunus adalah planet terberat ketiga,terbesar keempat dan terkeras kelima di tata surya dan juga planet jovian terkeras di tata surya.

Perihelion Neptunus adalah 4,553,000,000 Km,Aphelionnya 4,452,000,000 Km dan sumbu semi mayornya adah 4,503,000,000 (30.1 AU).Kala rotasi Neptunus adalah 16 jam 6 menit Bumi dan kala revolusinya adalah 164.8 tahun Bumi.

Suhu rata-rata Neptunus adalah -217°C,tidak sedingin Uranus yang jaraknya lebih dekat ke matahari.Neptunus memiliki tarikan gravitasi 1.14 kali gravitasi Bumi.Jika di Bumi berat badanmu 50 Kg,di Neptunus berat badanmu menjadi 57 Kg.

Neptunus ditemukan berdasarkan perhitungan matematika oleh Urbain le Verrier dan John Couch Adams dari Prancis dan akhirnya 23 September 1846,Johann Gottfried Galle dari Jerman menemukan planet ini. Struktur Neptunus
Neptunus adalah planet gas yang terdiri dari hidrogen dan helium yang berputar mengelilingi matahari.Struktur dalam dan komposisinya hampir mirip dengan Uranus,karena itu Neptunus dianggap sebagai "saudara kembar" Uranus.



Komposisi Neptunus adalah 79.5% Hidrogen,19% Helium,1.5% Metana,0.019% Deuterium,0.00015% Etana(C2H6) dan zat lain seperti air dan ammonia.Neptunus memiliki atmosfer hidrogen,helium dan metana,Mantel yang terdiri dari es metana,es ammonia dan es air,namun intinya terbuat dari batu dan es.

Cincin Neptunus
Neptunus memiliki cincin.Cincin ini redup dan sulit dilihat oleh binokuler dan teleskop.Cincin Neptunus adalah cincin planet teredup di tata surya.



Neptunus memiliki 5 buah cincin yaitu cincin Adams,cincin Arago,cincin Lassell yang tertebal,cincin Le Verrier dan cincin Galle.Cincin Le Verrier dan cincin Arago terlihat berdempetan dengan cincin Lassell.

Angin di Neptunus
Tahukah kalian?,ternyata Neptunus memiliki angin tercepat di dunia dan kecepatannya jauh melebihi kecepatan angin di Bumi.



Neptunus memiliki angin dengan kecepatan maksimum 600 m/s atau 2160 Km/h,kecepatan ini melebihi kecepatan suara di udara atau kecepatan supersonik.Kecepatan angin di Neptunus bervariasi,di atmosfer bagian atas yang berada di ekuator,kecepatan angin bisa mencapai 400 m/s atau 1440 Km/h dan 250 m/s atau 900 Km/jam di daerah kutub.

Neptunus memiliki badai besar gelap yang dinamai Great Dark Spot (GDS).GDS memiliki ukuran 13000x6600 Km jadi ukurannya hampir sebesar Bumi.GDS ditemukan oleh wahana luar angkasa Voyager 2 pada tahun 1989,lima tahun kemudian tepatnya tahun 1994,teleskop luar angkasa Hubble melihat hilangnya badai besar itu di permukaan Neptunus.

Satelit Neptunus
Neptunus memiliki 13 satelit alam yang diketahui dan yang terkenal adalah Triton dan Nereid.Triton dan Nereid terkenal mungkin karena mereka berdua adalah satelit Neptunus yang pertama dan kedua di temukan.



Triton,satelit terbesar Neptunus dan satelit terbesar ketujuh di tata surya memiliki diameter 2,707 Km.Triton memiliki keunikan yaitu orbitnya yang terbalik atau retrograde mengelilingi Neptunus,mungkin Triton adalah objek besar dari sabuk Kuiper yang tertangkap gravitasi Neptunus.permukaan Triton menyemburkan gas nitrogen dengan ketinggian semburan yang sangat tinggi,selain itu Triton memiliki suhu -235°C karena itu Triton dianggap sebagai tempat terdingin di tata surya.

Neptunus di Langit
Neptunus adalah satu-satunya planet yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dari Bumi karena Neptunus memiliki magnitudo 7.7 sampai 8.0,terlalu redup untuk bisa dilihat mata telanjang.

Neptunus bisa dilihat oleh binokuler yang kuat atau teleskop,maka Neptunus akan terlihat seperti bintang biru yang indah dan ada dua titik kecil di dekatnya,dua titik itu adalah Triton dan Nereid.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar