Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Mengenal Bumi,Planet Kehidupan

Kalian semua tahu kan tentang planet yang kita tempati ini,namun mungkin kalian belum tahu rahasia planet ketiga dari matahari ini.



Bumi memiliki diameter 12.756 Km dengan massa 5,97x10^24 Kg dengan kepadatan 5,51 g/cm3,ini berarti Bumi menjadi planet terestrial terbesar,terberat dan terkeras di tata surya dan planet terbesar kelima di tata surya.

Bumi memiliki permukaan padat (daratan) dan cair (laut,sungai,danau) dan atmosfernya mengandung banyak nitrogen dan oksigen.

Jarak aphelion Bumi kira-kira 152 juta Km dan perihelionnya kira-kira 147 juta Km dengan jarak rata-rata 150 juta Km atau 1 AU (Astronomical Unit/Satuan Astronomi).

Kala rotasi bumi sekitar 23,9 Jam dan Kala revolusinya sekitar 365,25 Hari dan satu hari di bumi sama dengan 24 Jam.

Suhu minimal Bumi sekitar -89,5°C (Vostok,Antartika) dan suhu maksimal 71,2°C (Gurun Lut,Iran) dan suhu rata-rata Bumi sekitar 24°C

Bumi mempunyai inklinasi 23,5°,ini menyebabkan terjadinya musim yang berlangsung teratur dan juga menyebabkan perbedaan panjang siang-malam di beberapa daerah.

Gravitasi rata-rata Bumi sekitar 9,8 N/m2.Ini adalah gravitasi yang baik untuk mempertahankan udara yang ada di atmosfer dan lingkungan fisik lainnya.

Planet yang Menopang Kehidupan

Bumi memiliki banyak faktor untuk mendukung kehidupan yaitu suhu yang hangat,air dalam bentuk cair,permukaan yang padat dan cair,dll.Karena semua faktor tersebut terciptalah makhluk hidup di Bumi termasuk juga kita.

Bumi memiliki tempat yang istimewa di tata surya yaitu tempat dimana suhu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.Apabila orbit Bumi lebih dekat 2% ke matahari maka akan terlalu panas untuk menopang kehidupan,dan apabila orbit bumi lebih jauh 2% dari orbit sekarang maka suhu di bumi akan cukup membekukan air sehingga hampir tidak bisa menopang kehidupan.

Struktur Dalam Bumi

Bumi memiliki struktur dalam yang mirip dengan Venus dan Mars yaitu memiliki kerak,mantel(selubung),dan inti padat.



Namun secara detailnya Bumi memiliki kerak padat(Litosfer) dengan tebal 7-13 Km.Lalu ada mantel yang mengandung magma,mantel bagian atas biasa disebut astenosfer,mantel bumi memiliki tebal 3450 Km.

Inti luar Bumi adalah lapisan bumi yang bersifat cair,diyakini mengandung besi dan nikel cair, Inti luar ini memiliki tebal 2250 Km dengan suhu 3900°C.

Inti dalam Bumi adalah besi dan nikel yang hampir padat dan memiliki diameter 2400 Km dan suhu 4600°C dan suhu di pusat ~6700°C,lebih panas dari permukaan matahari.Karena tekanan yang sangat tinggi besi dan nikel yang seharusnya menguap menjadi gas berubah menjadi padat.

Atmosfer Bumi

Bumi memiliki atmosfer yang membentang hingga ketinggian 1.000 Km dan memiliki 7 lapisan diantaranya Troposfer,Stratosfer,Ozonosfer,Mesofer,Termosfer,Ionosfer dan Eksofer.



Atmosfer Bumi mengandung 78% Nitrogen,21% Oksigen,0.9% Argon dan 0.1% zat lainnya.

Semua lapisan atmosfer ini memiliki tugasnya masing-masing seperti Ozonosfer yang bertugas melemahkan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari ke bumi dan Ionosfer berfungsi melindungi dari radiasi berbahaya seperti sinar-x,sinar gamma dan sinar kosmik.

Satelit Bumi

Bumi hanya memiliki satu satelit yaitu Bulan(Luna).Bulan mempunyai jarak 384.000 Km dari Bumi dan memiliki diameter 3.478 Km sehingga menjadi satelit alam terbesar kelima di tata surya.



Bulan kita tidak seperti bumi,Bulan tidak punya atmosfer dant anahnya sangat kering sehingga mustahil untuk menopang kehidupan.Diduga Bulan mempunyai kemiripan yang kuat dengan planet Merkurius.

Bulan tercipta karena tabrakan Bumi dan planet seukuran Mars yang bernama Thea 4.5 miliar tahun yang lalu,lalu serpihan-serpihan yang timbul karena tabrakan itu mengumpul di satu titik sehingga terciptalah Bulan.

Tambahan:Bumi mungkin satu-satunya planet yang dapat menopang kehidupan tumbuhan,hewan dan kita maka dari itu lestarikan kehidupan di bumi ini,jangan menghancurkannya dengan tangan kita sendiri.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: