Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Seberapa Jauh Bintang-Bintang di Langit?

"berapa waktu dibutuhkan cahaya bintang untuk sampai ke bumi?" - @naufalahd

Bintang selalu menghiasi langit malam menggantikan terangnya matahari, tapi seberapa jauh bintang itu?


Bintang-bintang yang berkilauan di langit malam

Astronomy Event - "Bintang kecil, di langit yang tinggi. Amat banyak, menghias angkasa. Aku ingin, terbang dan menari. Jauh tinggi ke tempat kau berada" Pasti kalian sudah tahu dengan lagu ini. Lagu "Bintang Kecil" ini mungkin mengingatkan kembali saat kita kecil. Namun apa kalian pernah bertanya seberapa jauh bintang yang ada di langit yang tinggi itu?

Bintang bukanlah sebuah titik terang, jika kita lihat dari dekat kalian akan menyadari bahwa bintang itu sebenarnya sebuah bola gas dan plasma super panas yang terdiri dari hidrogen, helium dan unsur lainnya.

Bintang tidak berada dekat dengan kita, tetapi mereka semua sangatlah jauh. Bintang terdekat dengan Bumi, Proxima Centauri berada pada jarak 4.3 tahun cahaya. Tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya selama 1 tahun, yaitu sekitar 9.450.000.000.000 Km (9,45 trilliun km).

Jika Proxima Centauri berjarak 4.3 tahun cahaya (artinya dibutuhkan 4.3 tahun untuk cahaya dari bintang itu sampai ke mata kita di Bumi), maka jaraknya dalam km adalah 9.45 trilliun x 4.3 = 40.6 trilliun km! dibutuhkan 15 juta tahun dengan mobil untuk sampai kesana dan dibutuhkan 11.000 tahun dengan wahana luar angkasa super cepat Voyager-1 (62.000 km/jam)

Namun itu jarak segitu belum ada apa-apanya dibanding bintang-bintang lain. Betelgeuse berada pada jarak 642,5 tahun cahaya (6 quadrillion km/6000 trilliun km) dari Bumi, VY Canis Majoris berada pada jarak 4892 tahun cahaya (46 quadrillion/46.000 trilliun km) dari Bumi, dan R136a1 (bintang termasif di alam semesta) berada pada jarak 165.000 tahun cahaya (1,56 quintillion/1,56 juta trilliun km) dari Bumi. Ada juga bintang yang lebih jauh daripada itu!!

Bintang masih bisa terlihat walaupun jaraknya sejauh itu karena mereka sangatlah terang, kebanyakan terangnya sekitar 1.000.000.000.000.000.000.000.000 terangnya lampu 100W!

Lagu "Bintang Kecil" mendeskripsikan bagaimana kecilnya bintang di langit karena mereka sangatlah jauh dan juga keinginan kita untuk pergi sejauh itu, menari diantaranya.

Bintang kecil, di langit yang tinggi
Amat banyak, menghias angkasa
Aku ingin, terbang dan menari
Jauh tinggi ke tempat kau berada

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar