Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Mengenal Jupiter,Planet Gas Raksasa

Jupiter adalah planet gas(jovian) yang terdiri dari sekumpulan gas.Jupiter memiliki ukuran monster sehingga dinobatkan sebagai planet terbesar di tata surya,Jupiter juga menyimpan banyak fakta menarik.



Jupiter memiliki diameter sekitar 142.984 Km,sebelas kali lebih besar daripada Bumi.Jupiter memiliki massa 317.8 massa Bumi,kepadatannya 1.326 g/cm3.Jupiter adalah planet terbesar,terberat dan terkeras keenam di tata surya.

Perihelion Jupiter sekitar 740.5 juta Km,Aphelionnya sekitar 816.5 juta Km,sumbu semi mayor(jarak rata-rata dari Matahari) sekitar 778,5 juta Km(5.2 AU).Jupiter berotasi sekitar 9 jam 55 menit 30 detik Bumi dan berevolusi selama 11.86 tahun Bumi,Jupiter adalah planet dengan kecepatan rotasi tercepat di tata surya.

Suhu di planet Jupiter sangat dingin yaitu sekitar -161 derajat celcius (pada tekanan 0,1 bar) sampai -108 derajat celcius (pada tekanan 1 bar) dan suhu rata-ratanya -130 derajat celcius.Jupiter mempunyai gravitasi 2.52 kali Bumi,jika di Bumi beratmu 50 Kg maka di Jupiter beratmu menjadi 126 Kg.Jupiter memiliki medan magnet yang sangat kuat dan luas,bahkan medan magnetnya bisa melampaui orbit Saturnus.

Tidak seperti Bumi,Jupiter adalah planet gas atau planet jovian yang berarti Jupiter tidak memiliki permukaan padat melainkan permukaan gas dan awan.

Jupiter terdiri dari banyak hidrogen dan sedikit helium sehingga Jupiter mirip dengan Matahari dan bintang lainnya.Jika massa Jupiter 75 kali lebih besar,Jupiter bisa melakukan fusi nuklir hidrogen dan menjadi bintang katai merah (Red Dwarf Star).



Secara keseluruhan,Jupiter memiliki komposisi:89.6% Hidrogen,10% Helium,0.3% Metana(CH4),0.026% Ammonia,0.074% Zat lainnya.

Awan Jupiter memiliki kandungan 88% Hidrogen dan 12% Helium.Dibawah lapisan awan Jupiter terdapat lapisan kristal ammonia,ammonia hidrosulfat dan kristal es.Lebih dalam lagi,terdapat lapisan cair berupa cairan hidrogen,helium dan lain-lain.Jupiter juga mempunyai inti padat yang ukurannya sedikit lebih besar dari pada Bumi yang diselubungi oleh hidrogen metalik cair.

Di belahan selatan Jupiter terdapat badai besar yang besarnya 2-3 kali Bumi,badai itu bernama Great Red Spot(GRS).Great Red Spot sudah ada sejak 300 Tahun lalu dan sampai sekarang badai monster ini belum berhenti.Badai ini ditemukan oleh Galileo Galilei di abad 17.Di dekat GRS ada badai yang lebih kecil(tetapi ukurannya sebesar Bumi) mendampingi GRS,badai itu bernama Red Jr.

Cincin Jupiter



Jupiter memiliki cincin,namun cincin ini tipis dan tidak setebal cincin Saturnus sehingga terlihat transparan.Cincin Jupiter terbagi menjadi tiga bagian yaitu cincin Gossamer(cincin terluar),cincin Main(Main Ring) dan cincin Halo(cincin terdalam).Dari semuanya,cincin Main adalah yang paling terang.

Cincin Jupiter terbentuk akibat material-material yang dikeluarkan oleh bulannya.Cincin Main mungkin terbentuk akibat material yang dikeluarkan dua bulan Jupiter yaitu Adrastea dan Metis sedangkan cincin Gossamer terbentuk dengan cara yang sama,Amalthea dan Thebe adalah bulan yang membentuk cincin Gossamer ini.

Satelit Jupiter
Jupiter memiliki 67 buah satelit alam diantara semua satelit,Bulan Galilean(Galilean Moons) yang paling terkenal.Galilean Moons terdiri dari empat satelit besar,yaitu Io,Europa,Ganymede dan Calisto.

Galilean Moons memiliki ukuran yang lebih besar dari pada Bulan (kecuali Europa) karena ukurannya yang besar,Galilean Moons bisa terlihat dari Bumi dengan menggunakan binokuler atau teleskop kecil.

Io adalah Galilean Moons yang paling dekat dengan Jupiter,Io memiliki ukuran 3,642 Km,sedikit lebih besar daripada Bulan.Diantara semua Galilean Moons,Io yang terterang dan bisa dilihat oleh mata telanjang.Io memiliki banyak gunung berapi aktif dan permukaannya banyak dialiri lava.Setelah diteliti lebih lanjut ternyata Io memiliki umur paling muda di tata surya.Io ditemukan tanggal 8 Januari 1610 oleh Galileo.

Europa adalah Galilean Moons terkecil dengan diameter 3,120 Km.Europa memiliki medan magnet seperempat lebih kuat daripada Ganymede.Diyakini di bawah lapisan es-nya ada air yang berbentuk cair sehingga berpotensi menopang kehidupan.Europa ditemukan 8 Januari 1610.



Ganymede adalah Galilean Moons terbesar dan juga Bulan terbesar di tata surya dengan ukuran 5,268 Km,lebih besar daripada Merkurius.Dulu,Ganymede diyakini memiliki gunung berapi aktif sekarang gunung-gunung itu sudah tidak aktif.Ganymede ditemukan 7 Januari 1610.

Callisto adalah Galilean Moons paling jauh dari Jupiter.Callisto memiliki ukuran yang sama dengan Merkurius.Callisto mempunyai potensi menopang kehidupan karena diyakini di kedalam lebih dari 100 Km terdapat air cair.Di atmosfernya yang sangat tipis terkandung oksigen dan juga karbon dioksida.Callisto ditemukan 7 Januari 1610.

Jupiter di Langit
Jupiter adalah objek terterang keempat di langit Bumi setelah Venus,Bulan dan Matahari.Magnitudo visual Jupiter tergantung jaraknya dari Bumi yaitu -2,6 sampai -2,0.



Sekarang,Jupiter berada di konstelasi Taurus dan terlihat seperti bintang berwarna jingga yang cemerlang di langit malam.Jupiter bisa dilihat dengan sangat mudah dan tetap terlihat walaupun terhalang sedikit awan.Jika mengamati Jupiter dengan binokuler atau teleskop akan terlihat sebuah bintang-bintang yang berjejer,itu adalah Galilean Moons yang mengorbit Jupiter.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. wah ternyata begitu ya tentang planet raksasa, mungkin ada alien nya kali gan kwwkwkwk

    BalasHapus
  2. terinspirasi.... hal yg sperti ini

    BalasHapus
  3. Kalo emang manusia udah bisa menjelajah antar planet dengan cepat, dan sudah punya kapal luar angkasa yang bisa menambang berbagai material planet lain... hal itu sangat luar biasa :D

    BalasHapus
  4. Apakah planet gas tk dpat di injak??

    BalasHapus