Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Polusi Udara Yang Mengganggu Keindahan Langit Malam

"Bgmn polusi udara bs berpengaruh thdp kualitas langit malam di Jakarta?, shg bintang yg terlihat sedikit" - @naufalahd

Asap pabrik yang menyebabkan polusi udara

Astronomy Event - Selain polusi cahaya, ada juga jenis polusi yang dapat mengganggu kita untuk mengamati bintang, yaitu polusi udara. Lalu bagaimana caranya polusi udara mengganggu kecerahan benda langit?


Zat-zat rumah kaca seperti CO2, CO, NO2, SO2 yang sering dikeluarkan oleh pabrik, mobil, motor dan pembakaran memiliki warna gelap, sehingga cahaya yang melaluinya diserap dan sebagian dipantulkan dengan baik.

Ketika zat-zat tersebut mengisi langit, cahaya bintang akan diserap, dipantulkan dan sebagian diantaranya akan menembus zat-zat itu dan masuk ke mata kalian. Tetapi, efek polusi cahaya lebih parah daripada efek polusi udara. Jika suatu kota besar (seperti Jakarta) mati lampu, polusi udara lah satu-satunya pengganggu kecerahan bintang dan bintang-bintang terlihat lebih banyak dan lebih cahaya.

Kota Los Angeles, USA memiliki polusi cahaya yang parah tetapi polusi udaranya sangat sedikit, sehingga saat kota Los Angeles mati lampu, warga kota tersebut akan melihat pemandangan langit malam dengan penampakan galaksi Bimasakti seperti dibawah ini:

 Pemandangan langit malam kota Los Angeles saat mati lampu

Sedangkan kota Jakarta memiliki polusi udara sedang hingga parah dan saat terjadi pemadaman listrik, warga Jakarta tidak akan melihat pemandangan langit malam yang menakjubkan seperti kota Los Angeles saat mati lampu. 

Sementara daerah pedesaan bisa melihat galaksi Bimasakti di langit malam walaupun sedang mati lampu ataupun tidak, karena daerah pedesaan memiliki polusi cahaya dan polusi udara yang sangat sedikit.

Menjaga lingkungan adalah hal yang tepat
Selain mengganggu pemandangan langit malam, polusi udara bisa memperparah global warming (karena gas seperti CO2 memerangkap panas dan mengikis ozon) dan menyebabkan sesak napas.
Maka dari itu kita harus menjaga lingkungan dengan menanam pohon, mengurangi penggunaan AC dan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Semua kegiatan itu haruslah dilakukan agar Bumi, tempat tinggal kita tidak membahayakan kita.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar