Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Kita Sangat Sulit Untuk Diam

Jika kalian hanya duduk saja dan berpikir kalian tidak bergerak, maka kalian salah


Permukaan Bumi

Astronomy Event - Diam ada banyak artinya, diam berarti tidak bersuara, tidak berbicara atau tidak bergerak. Hari ini kita membahas diam yang bermakna tidak bergerak. Diam adalah hal yang sangat sulit, walaupun kalian hanya berdiri saja tanpa melakukan apapun kalian tetaplah bergerak dengan kecepatan yang super tinggi.

 Bumi berputar dengan kecepatan 1.617 km/jam, apa itu artinya kita bergerak dengan kecepatan 1.617 km/jam saat kita hanya berdiri saja? Salah! kalian bergerak jauh lebih cepat dari yang kalian bayangkan.

Bumi juga berevolusi atau mengelilingi matahari dengan kecepatan 29.8 Km/detik, ya benar 29.8 km/jam! Matahari memproduksi gravitasi yang membuat kita, Bumi dan objek disekelilingnya mengikuti kemana Matahari pergi.

Ada miskonkepsi yang menyatakan Matahari tidak berevolusi, sebenarnya Matahari berevolusi mengelilingi pusat galaksi Bimasakti dengan kecepatan 220 km/detik artinya, Matahari membutuhkan waktu 225 sampai 250 juta tahun untuk mengelilingi pusat Bimasakti dalam satu putaran penuh.

Adapun galaksi Bimasakti bergerak dengan keepatan kurang lebih 350 km/detik menuju galaksi Andromeda yang akan membuat Galaksi Bimasakti dan galaksi Andromeda bertabrakan 3.8 miliar tahun lagi.

Jika dikalkulasikan, kita yang hanya berdiri saja bergerak dengan kecepatan 100.2 sampai 599.8 km/detik. Kita hampir tidak merasakannya karena kita bergerak bersama Bumi, Matahari dan galaksi Bimasakti.

Kita hanya bisa merasakan pergerakan kita dengan melihat pergeseran posisi benda di langit dalam waktu yang lama.

Jika kalian pergi ruang antar galaksi (intergalactic space) dan setelah itu kalian tidak melakukan apa-apa, kalian masih dianggap bergerak. Karena, kalian ditarik gravitasi galaksi disekitarnya walaupun sangat kecil. Apabila kalian bergerak dengan kecepatan yang super-super-sangat-lambat, kalian sudah dianggap bergerak secara fisika.

Mungkin peribahasa "Diam Itu Emas" memanglah tepat, karena jika kalian benar-benar diam, maka kalian adalah orang yang super-istimewa.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar