Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Gerhana Matahari Hybrid Yang Unik

Apakah Gerhana Hybrid Bisa Menjadi Gerhana Total Dan Cincin Dalam Waktu Yang Berentetan?(Berubah dari Gerhana Matahari Total ke Cincin)? - @AqsaGautama

 Gerhana Matahari Hybrid

Astronomy Event - Gerhana Matahari Hybrid bukan berarti GMT yang berubah menjadi GMC ataupun sebaliknya dalam satu tempat.


Gerhana Matahari Hybrid adalah transisi antara gerhana matahari total dan cincin sehingga didaerah yang terkena umbra akan melihat GMT (Gerhana Matahari Total) dan saat umbra bergerak ke daerah lain, daerah itu akan melihat GMC (Gerhana Matahari Cincin) begitupun sebaliknya.

Hal ini bisa terjadi karena lengkung Bumi. Bumi berbentuk bola, sehingga orang-orang akan berada pada jarak yang berbeda saat ada benda melintasi Bumi secara tegak lurus. Lihat gambar dibawah ini

 Cara Terjadinya Gerhana Matahari Hybrid

GMC bisa terjadi apabila suatu daerah terkena antumbra sedangkan GMT bisa terjadi apabila suatu daerah terkena umbra. Saat Bulan melintas, jarak daerah siang ke Bulan lebih dekat daripada daerah pagi dan sore.

Saat Bulan berada pada jarak yang pas, daerah pagi dan sore akan berada dibelakang garis transisi sehingga terkena bayangan antumbra dan melihat GMC. Daerah siang yang lebih dekat ke Bulan daripada daerah pagi dan sore akan berada di depan garis transisi sehingga terkena bayangan umbra dan melihat GMT.

Gerhana Matahari Hybrid terjadi sangat jarang karena Bulan harus berada pada jarak yang tepat. Gerhana Matahari Hybrid akan terjadi 3 November 2013 yang akan melintasi Samudra Atlantik dan Afrika. Indonesia akan tidak akan menikmati kesempatan yang langka ini.
 

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar