Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Mengenal Merkurius

Merkurius merupakan planet terdekat dengan matahari dan planet terkecil di tata surya.Merkurius adalah salah satu dari empat planet berbatu (Terestrial) di tata surya



Merkurius,Planet Panas Berbatu

Merkurius memiliki diameter 4.880 Km atau kira-kira 40% besar Bumi.Merkurius memiliki permukaan padat dan berbatu seperti planet Venus,Bumi dan Mars.



Merkurius dikatakan memiliki orbit yang Eksentris atau memiliki jarak perihelion(titik terdekat dari matahari) dan jarak aphelion(titik terjauh dari matahari) yang agak berbeda.Jarak perihelion merkurius sekitar 46 juta Km dan jarak aphelion sekitar 70 juta Km dan jarak rata-rata dari matahari adalah 57 juta Km.

Karena jaraknya dari matahari yang hampir 3 kali lebih dekat dari jarak bumi-matahari,Suhu di Merkurius sangatlah panas ditambah dengan tidak adanya atmosfer suhu Merkurius di sisi siang hari mencapai 450°C dan suhu di sisi malam hari sangat jauh berbeda dari suhu di siang hari
yaitu -170°C(Hampir sedingin planet Saturnus)

Kala rotasi Merkurius kira-kira 57 Hari Bumi sedangkan kala revolusinya kira-kira 88 Hari Bumi.Tetapi satu hari di Merkurius berlangsung selama 176 Hari Bumi,Ini disebabkan karena selisih lama rotasi dan revolusi Merkurius yang tidak begitu besar.Oleh karena itu 1 Hari di Merkurius sama dengan 2 Tahun di Merkurius

Mirip dengan Bulan

Planet Merkurius memiliki banyak kesamaan dengan Bulan kita.

Permukaan Merkurius memiliki banyak kawah seperti Bulan selain itu Merkurius tidak memiliki atmosfer dan Bulan juga tidak memiliki atmosfer dan juga perbedaan suhu siang dan malam Merkurius dan Bulan sangat jauh berbeda.

Namun perbedaan mereka adalah ukuran mereka yang berbeda,ukuran Merkurius 40% lebih besar daripada Bulan.

Struktur Bagian Dalam Merkurius
Merkurius terdiri dari 70% logam sedangkan 30%-nya adalah silikat.Merkurius memiliki kepadatan sebesar 5,43 g/cm3.


Diperkirakan Merkurius memiliki inti besi yang padat dan memenuhi 42% dari volume Merkurius,sebagai perbandingan inti Bumi hanya memenuhi sekitar 18% dari volume Bumi. Mantel Merkurius memiliki tebal 600-700 Km dan Keraknya memiliki tebal 100 Km lebih tebal 10 kali daripada tebal kerak Bumi.

Merkurius di Langit
Merkurius sulit dilihat di langit karena orbitnya yang dekat dengan matahari,Merkurius agak berdekatan dengan matahari di langit,karena itu kita sulit melihatnya karena silaunya matahari.

Namun,Merkurius bisa dilihat pada saat sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam.

Merkurius memiliki magnitudo visual(tingkat kecerahan yang terlihat dari Bumi) yang beragam,dari magnitudo -1,2 sampai 5,5.

Merkurius juga memiliki fase seperti Bulan dan Venus.Dan waktu terbaik untuk melihat Merkurius adalah pada saat berada pada fase separuh(dengan magnitudo 0-1).

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar