Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Bintik Misterius di Permukaan Pluto Terpotret

Foto yang dipotret New Horizons yang baru dirilis NASA menunjukan adanya bintik-bintik aneh di gambar kanan.

Astronomy Event - Semakin dekat dengan Pluto, New Horizons memperlihatkan misteri-misteri planet yang belum terjamah dan dilihat dengan jelas oleh manusia. Termasuk foto Pluto yang baru-baru ini dirilis oleh NASA. Ilmuwan menggabungkan gambar hitam-putih Pluto dan Charon dari instrumen LORRI dan gambar berwarna dari instrumen Ralph untuk mengungkap warna asli Pluto dengan resolusi lebih tinggi. Penggabungan gambar itu juga menunjukan sebuah bintik-bintik aneh.

Bintik-bintik aneh yang berada di wajah Pluto itu semuanya besarnya hampir identik dan terpisah secara merata satu sama lain di sepanjang ekuator. Itu menyebabkan ilmuwan kebingungan apa sebenarnya bintik-bintik itu dan apa yang membuat bintik-bintik itu muncul.

"Ini adalah teka-teki yang sebenarnya---kita tidak tahu apa bintik-bintik itu, dan kita tidak sabar untuk mencari tahu," kata Alan Stern, dari Southwest Research Institute di Boulder, Colo.

Bintik-bintik itu diperkirakan memiliki diameter 480 km. Ada beberapa spekulasi tentang apa sebenarnya bintik-bintik ini, mulai dari awan hingga kawah.

Namun ada misteri lain yang berasal dari sistem Pluto, yaitu mengapa Pluto memiliki warna yang agak berbeda daripada bulan terbesarnya, Charon yang berwarna abu-abu gelap.

New Horizons akan berada di titik terdekatnya dengan Pluto pada tanggal 14 Juli 11:49:57 UTC. Namun, New Horizons akan memberikan gambar planet kerdil tersebut esok harinya karena saat di titik terdekatnya, New Horizons bergerak terlalu cepat terhadap Pluto untuk menghasilkan gambar jelas. Selain itu pada hari perjumpaan terdekatnya dengan Pluto, New Horizons akan sibuk menjalankan ekspedisi pengamatan yang telah di pra-program.

Banyak misteri yang akan ditemukan oleh New Horizons selama beberapa hari kedepan. Yang kita bisa lakukan pada misteri-misteri itu adalah membiarkannya dan menunggu hingga Pluto sudah terlihat sangat jelas oleh wahana luar angkasa berbobot 480 kg ini.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar