Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Supernova? Kenapa Bisa Terjadi?

"sebab apa aja yg bisa menyebabkan supernova?" - @srirahw

 Ilustrasi Supernova.

Astronomy Event - Supernova adalah ledakan dahsyat dari bintang superraksasa merah. Namun kenapa bintang bisa meledak? 

Supernova terjadi karena satu sebab yang pasti yaitu menyusutnya bintang akibat bintang tidak memiliki tekanan yang bisa menahan lapisan luar karena fusi nuklirnya berhenti dan akhirnya tertarik gravitasi dan pada akhirnya memunculkan tekanan luar biasa hingga akhirnya meledak.

Sebab diatas memiliki beberapa sebab:

Fusi nuklir yang berhenti karena semakin bertambahnya usia bintang
Ini adalah sebab umum terjadinya supernova. Fusi nuklir penting untuk menghasilkan energi panas yang memunculkan tekanan yang menahan lapisan luar bisa melawan gravitasi dan tetap pada posisinya. Saat hidrogen dalam inti bintang habis, inti akan memanas sampai fusi nuklir helium menjadi karbon bisa terjadi, proses ini dilanjutkan hingga massa bintang tidak cukup untuk melanjutkan fusi nuklir. Akibatnya, bintang menyusut oleh gravitasi sendiri dan meledak sebagai supernova.

Inti yang terganggu.
Inti adalah penghasil fusi nuklir raksasa. Inti merupakan hal yang sangat penting karena inti membuat bintang tetap hidup. Saat inti terganggu, misalkan ada sebuah bintang berkepadatan super tinggi masuk kedalam lapisan bintang, bintang itu akan menabrak inti dan menghancurkannya.

inti yang hancur akan melepaskan energi yang dahsyat ke seluruh lapisan bintang, sehingga bintang pun meledak.

Penghianatan bintang pendamping.
Bintang ganda berarti terdapat 2 bintang dalam satu sistem. Tetapi, setiap bintang memiliki panjang hidup yang berbeda. Salah satu bintang pun meledak (supernova) dan menjadi bintang neutron atau lubang hitam.

Objek ini akan menghisap material dari bintang pendampingnya hingga massa bintang tersebut tidak cukup untuk melanjutkan fusi nuklir dan akhirnya meledak sebagai supernova.

Proses ini kadang-kadang menghasilkan lubang hitam ganda (jika massa kedua bintang lebih dari 30 massa Matahari)



Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Adakah hubungan antara gravitasi dan energi gelap?

    BalasHapus