Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Bisakah Kita Membuat Mars Layak Huni?

Proses Mars menjadi planet yang layak huni


Astronomy Event - Populasi manusia terus meningkat. Diperkirakan Bumi dapat menampung 10 miliar manusia agar tetap stabil. Maka dari itu, di masa depan kita sudah bisa hidup di luar Bumi seperti kota luar angkasa. Namun bagaimana jika di Mars?

Untuk hidup di Mars, kita bisa membuat kota yang memiliki atmosfer seperti di Bumi dan dilindungi dengan kubah transparan seperti gambar dibawah.


Daripada membuat kota seperti itu, bagaimana jika kita membuat Mars layak huni?

Merubah Mars menjadi planet yang layak huni bagi kita disebut sebagai terraformasi. Untuk menterraformasi Mars, kita harus menambal apa yang membuat Mars tidak layak huni. Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis, tebal atmosfer Mars hanya 1/100 tebal atmosfer Bumi. Atmosfer Mars didominasi oleh karbon dioksida. Atmosfer Mars 0,1% nya adalah oksigen sehingga tidak begitu baik untuk kita. Selain itu suhu rata-rata di Mars adalah -60 derajat Celcius, namun di ekuator bisa mencapai 20 derajat Celcius.

Mari kita pecahkan masalah atmosfer dan suhu di Mars. 

Ilmuwan mempunyai 4 cara untuk mempertebal atmosfer dan menaikkan suhu di Mars.

Sublimasi karbon dioksida
Metode ini digunakan dengan membuat sebuah pabrik di Mars. Pabrik ini akan mengumpulkan karbon, klorin dan sulfur di tanah Mars dan membuat gas rumah kaca seperti CO2 lalu menyebarkannya ke atmosfer Mars. Saat suhu naik 4 derajat akibat gas rumah kaca yang kita buat, es kering (CO2 beku) di kutub Mars dan tanah Mars berubah dari padat menjadi gas (menyumblim). Ini akan menjadi umpan balik positif, karena pada saat es kering menyumbilm, maka suhu Mars akan makin meningkat yang membuat lebih banyak es kering yang menyumblim. 

Jika cara ini berhasil, maka tekanan atmosfer Mars akan naik hingga 0,3 atm (0,3 kali tekanan udara di permukaan laut Bumi.), hampir sama dengan tekanan udara di puncak Gunung Everest (0,333 atm). Namun atmosfer ini masih belum bisa dihirup manusia karena karbon dioksida masih mendominasi. Maka dari itu kita akan gunakan fitoplankton dan sianobakteri untuk merubah karbon dioksida menjadi oksigen.

Menurunkan albedo Mars
Albedo adalah kekuatan pantulan dari sebuah planet atau objek. Jika albedo meningkat, maka planet akan memantulkan lebih banyak sinar matahari dan sebaliknya. Jika kita menurunkan albedo Mars, maka Mars akan menyerap energi dari sinar matahari lebih banyak. Akibatnya, suhu Mars meningkat yang berujung pada sublimasi kutub Mars. Lalu, kita gunakan sianobakteri untuk membuat oksigen.

Untuk menurunkan albedo Mars, kita bisa menyebarkan debu-debu dari objek gelap seperti bulan Mars, Phobos dan Deimos, atau kita bisa mengembangbiakan mikroorganisme gelap yang bersifat extremophile (dapat hidupan di lingkungan ekstrem),

Cermin orbital
Jika kita membuat sebuah cermin di orbit Mars lalu mengarahkan sinar matahari ke kutub Mars, maka es kering di Mars akan menyumblim dan memanaskan Mars. Setelah itu kita gunakan sianobakteri untuk merubah CO2 menjadi O2. Cukup simpel, tapi sulit dalam pembuatan cerminnya. Cermin yang dibutuhkan untuk menyumblimkan es kering di kutub Mars harus memiliki diameter 200 km.

Namun selain oksigen, kehidupan butuh nitrogen untuk pertumbuhan. Nitrogen juga penting untuk mencegah adanya pembakaran yang disebabkan reaksi kimia dengan oksigen. Karena itu, kita bisa menggunakan cara yang selanjutnya.

Menabrakan Mars dengan asteroid Sabuk Kuiper
Asteroid di Sabuk Kuiper kaya akan amonia (NH3). Jika kita bawa asteroid ini ke Mars dengan menggunakan roket pendorong, lalu kita tabrakan ke Mars, amonia dalam asteroid akan terlepas. Kita bisa gunakan bakteri tertentu yang dapat merubah amonia menjadi nitrogen. Selain bisa dirubah menjadi nitrogen, ammonia bisa menjadi gas rumah kaca yang kuat yang dapat menaikkan suhu Mars. Es kering di kutub Mars akan menyumblim mempertebal atmosfer dan menaikkan suhu lebih tinggi lagi.


Setelah masalah atmosfer dan suhu selesai, kita harus memecahkan masalah air. Tanpa air, tumbuhan, hewan dan kita tidak akan hidup kan? Kita bisa memecahkan masalah ini dengan mengebor tanah Mars dan menyedot air yang mungkin tersembunyi di dalam tanah Mars atau membawa air dari Bumi.

Ada juga masalah ozon yang harus dipecahkan. Ozon (O3) penting untuk menyerap sinar ultraviolet agar tidak mencapai permukaan. Tentu ini penting agar kita terhindari dari kanker dan masalah kesehatan lainnya. Namun ozon bisa dihasilkan dari oksigen secara alami. Molekul oksigen akan dipecah oleh sinar UV menjadi 2 atom oksigen, lalu atom okesigen bergabung dengan molekul oksigen lain membentuk ozon.

Dan ada penghalang keras yang sulit dihancurkan, masalah medan magnet. Mars memiliki atmosfer yang begitu tipis karena tidak adanya medan magnet. Medan magnet berguna untuk melindungi planet dari radiasi matahari dan radiasi kosmik yang mematikan. Tanpa medan magnet, atmosfer akan terkikis oleh angin matahari.

4 miliar tahun lalu, Mars memiliki medan magnet sehingga membuat ilmuwan berpikir bahwa pada saat itu Mars adalah planet yang cukup layak huni. Namun inti Mars yang tadinya berbentuk cair berubah menjadi padat. Tanpa adanya inti yang cair, medan magnet pun tak akan ada dan Mars pun berubah menjadi planet merah yang dingin dan kering.

Tidak ada cara yang pasti untuk mencairkan inti di Mars. Namun apakah mungkin kalian tahu caranya? Jika ya, comment pos ini.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar:

  1. Caranya dengan menghancurkan planet mars dengan tnt, dengan demikian saat penyatuan kembali material mars akan terjadi peluruhan radio aktif yang melelehkan inti planet. Benar apa kagak sob?

    BalasHapus
  2. Jadi, kamu ingin menciptakan magnetosfer Mars dengan "melahrikan kembali" planet tersebut. Ide yang cukup bagus! Tapi ada beberapa masalah:
    1. Diperlukan bom tnt yang 1,7 miliar kali lebih kuat daripada bom atom Hirosima dan Nagasaki.
    2. Setelah planet meledak, puing-puing Mars akan memiliki energi untuk meluncur ke luar angkasa dan tidak akan kembali. Bagaimana caramu mengembalikan semua puing-puing Mars yang jumlahnya jutaan triliun ke satu tempat dalam waktu singkat?
    3. Walaupun kita dapat menyatukan puing-puing Mars menjadi Mars versi 2.0., kita harus menunggu ratusan juta tahun untuk menunggu Mars mendingin.
    4. Mungkin Mars baru tidak akan seperti yang kita inginkan.

    BalasHapus
  3. Selain itu kita juga harus menambah gravitasi mars,yaitu grafitasi mars = grafitasi bumi(9,8 N) Karena Gravitasi Mempengaruhi berat suatu benda,jika kita tinggal di mars,bayangkan saja ringannya tubuh kita

    BalasHapus
  4. Selain itu kita juga harus menambah gravitasi mars,yaitu grafitasi mars = grafitasi bumi(9,8 N) Karena Gravitasi Mempengaruhi berat suatu benda,jika kita tinggal di mars,bayangkan saja ringannya tubuh kita

    BalasHapus
  5. dibor lalu digranat aja. sambil berdoa

    BalasHapus